Kencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun - Male Indonesia
Kencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun
Sopan Sopian | Looks

Kulit manusia dapat dianalogikan seperti balon. Di kondisi aslinya, tekstur karet balon kencang dan elastis, yang akan terus mengembang ketika diisi udara. Ketika kempis, balon tidak akan kembali ke ukuran semulanya.

kulit kendur - Male IndonesiaPhoto by Jane Sundried on Unsplash

Akan tetapi, bukan sama sekali mustahil bagi kulit untuk pulih dan memperbaiki dirinya. Kemampuan kulit untuk meregang dan mengencang kembali setelah kehilangan berat badan akan bergantung pada banyak faktor.

Misalnya saja kualitas komponennya, seberapa banyak kolagen dan elastin yang dimiliki kulit, usia, genetik, sinar matahari, seberapa banyak berat badan yang hilang, dan lain sebagainya.

Mengtuip dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kembali kulit yang mengendur akibat penurunan berat badan.

Hindari Sinar Matahari Berlebih
Paparan sinar matahari membuat kulit menjadi kering dan rusak. Jika dibiarkan, kulit akan semakin kendur, terlihat kusam dan tidak terawat. Untuk itu, gunakanlah tabir surya, khususnya jika Anda hendak melakukan aktivitas di luar rumah.

Gunakan Pelembap
Gunakan pelembap yang mengandung vitamin E atau pelembap alami seperti minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru, meminimalkan keriput dan mengatasi kulit kendur.

 
 

Pijat
Pijat pada daerah kulit kendur mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang elastisitas kulit. Gunakan minyak esensial yang juga memiliki aroma menenangkan pikiran.

Konsumsi Buah dan Sayur
Setelah mendapatkan berat badan ideal, bukan berati Anda melupakan kebiasaan diet dengan mudah. Tetap jaga pola makan dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa membantu menyehatkan kulit. Selain itu mengonsumsi buah dan sayur juga membantu Anda menjaga berat badan agar stabil.

Minum Air Putih yang Cukup
Air memang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh termasuk untuk kulit. Air mampu membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga membuat kulit lebih kencang, halus, dan terlihat lebih bercahaya. Dianjurkan untuk mengonsumsi ari putih minimal enam gelas per hari atau bahkan lebih.

Olahraga
Menurut Cedric Bryant, kepala bagian sains dari American Council on Exercise, melakukan olahraga seperti latihan angkat beban secara rutin bisa membentuk kekuatan otot.

Selain melakukan olahraga angkat beban, Anda juga bisa melakukan olahraga perut seperti sit up, crunches, leg raises, dan olahraga lain yang bertumpu pada perut. Lakukan olahraga selama 15 sampai 60 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu agar benar-benar terlihat hasilnya. *** (SS)

SHARE