Tim Basket Pertama Non-Amerika Serikat Juarai NBA - Male Indonesia
Tim Basket Pertama Non-Amerika Serikat Juarai NBA
MALE ID | Sport & Hobby

Toronto Raptors mencetak sejarah untuk kali pertama juara liga basket Amerika Serikat NBA 2019. Untuk pertama kali pula ada tim Kanada atau di luar Amerika Serikat yang menjuarai NBA. 


Photo: Keith Allison/Flickr

Kepastian gelar tersebut didapat setelah mengalahkan Warriors dengan skor 114-110 pada laga gim 6 final NBA, di Stadion Oracle Arena, Jumat (14/6/2019) pagi WIB.

Dengan demikian, Toroton Raptors mengungguli Warriors 4-2 dalam final series, yang mengusung format best of seven. Raptors sukses memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dengan pincangnya skuat Warriors. 

Seperti diketahui, Warriors tidak diperkuat Kevin Durant di hampir seluruh rangkaian final, plus cedera Kyle Thompson di kuarter ketiga pertandingan hari ini. Small forward Kawhi Leonard menjadi bintang keberhasilan Raptors. Eks pemain San Antonio Spurs itu dinobatkan sebagai MVP NBA Finals 2019.

Raptors sendiri tercatat sebagai tim asal Kanada pertama yang berkompetisi di NBA sejak tahun 1946/47. Tim ini berbasis di Air Canada Centre, Toronto, Ontario. Nama Raptors dipilih berdasarkan sejenis dinosaurus pemakan daging.

Dulunya, tim ini memiliki markas bernama SkyDome, hingga pada tahun 1998 dipindahkan ke Air Canada Centre. Di awal musim pertamanya, Raptors mempekerjakan Isiah Thomas, mantan pemain NBA yang merebut 2 gelar juara, sebagai pimpinan umum.

Di musim NBA 19997/98, Raptors mengalami musim terburuk dengan rekor menang kalah 16-66. Hal ini dikarenakan banyaknya pemain yang cedera, terjadi beberapa pertukaran pemain, dan Isiah Thomas mengundurkan diri pada tahun yang sama.

Raptors memiliki rekor menang kalah terbaik (47-35) pada tahun 2000/1 ketika diperkuat oleh Vince Carter dan pada tahun 2006/7 ketika dipimpin oleh Chris Bosh. Pada tahun 2006/7, untuk pertama kalinya Raptors keluar sebagai juara divisi Atlantik. Pelatih dan pemain NBA ternama yang pensiun saat membela Raptors adalah Lenny Wilkins dan Hakeem Olajuwon.

Fakta Lain Toronto Raptors
Small forward Kawhi Leonard ternyata tidak hanya sekali memenangi MVP Final. Tetapi dua kali selam kariernya dengan dua klub yang berbeda. Leonard menyamai pencapaian Kareem Abdul-Jabbar (Milwaukee Bucks & LA Lakers) dan LeBron James (Miami Heat & Cleveland Cavaliers).

Selain itu, pemain Raptors Patrick McCaw menjadi pemain pertama yang merebut three peat sejak Kobe Bryant dan Shaquille O'Neal di tahun 2002. Dua musim sebelumnya, ia juara bersama Warriors. 

Kemudian, pelatih Raptors Nick Nurse menjadi pelatih rookie ketiga yang berhasil memimpin timnya juara NBA dalam lima tahun terakhir setelah Steve Kerr (2015) dan Tyronn Lue (2016). *** (SS)

SHARE