Tenaga Lebih Besar dari Motor Trail Baru Kawasaki - Male Indonesia
Tenaga Lebih Besar dari Motor Trail Baru Kawasaki
MALE ID | Sport & Hobby

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kembali merilis motor terbarunya. Motor bergenre trail itu diberi nama KLX 230 R, versi off-road murni alias model yang ilegal mengaspal di jalan raya.


Photo: kawasaki.com

Yang membuat Kawasaki KLX 230 R bukan diperuntukkan di jalan raya lantaran tidak memiliki kelengkapan berkendara seperti spion, lampu depan dan belakang, lampu sein, hingga dudukan pelat nomor.

Berbeda dari KLX 230, saudaranya yang telah dirilis awal Mei 2019 lalu, batok lampu diganti cover biasa yang umumnya dijadikan nomor seri kala mengikuti kompetisi. Selain itu, pada bagian kokpit juga tidak terdapat panel instrumen, artinya setangnya naked.

Secara dimensi, KLX 230 R punya panjang 2.045 mm, lebar 840 mm, dan tinggi 1.200 mm. Lalu jarak poros rodanya sepanjang 1.360 mm dan ground clearance 300 mm.

Di sektor dapur pacu, pihak pabrikan membekali output tenaga yang lebih besar ketimbang saudaranya. Dengan mesin berkubikasi 233 cc, SOHC, satu silinder berpendingin udara, motor ini mengeluarkan torsi sebesar 20,6 Nm @ 6.000 Rpm dan mampu memuntahkan tenaga hingga 19,7 HP @ 8.000 Rpm lewat transmisi 6-speed.

Dalam keterangan resminya, Kawasaki menyebut bahwa KLX 230 R punya hentakan torsi yang baik pada putaran bawah hingga menengah. Tentunya itu modal besar untuk melibas medan yang terjal.

Lalu pada sektor kaki-kaki, Kawasaki KLX 230 R sudah dipasangkan suspensi teleskopik biasa untuk depan dan belakang berupa lengan ayun yang disebut sebagai suspensi Unitrack.

Sepasang velg berukuran 21 inci di depan dan 18 inci pada bagian belakangnya sudah disematkan ban ‘pacul’ supaya traksi ke berbagai permukaan jalan off-road sangat baik.

Sedangkan guna mendukung pengeraman, kedua velg juga sudah tersematkan cakram bergelombang. Tersedia panel electric starter dan stop engine yang posisinya berada pada handle bar di bagian kiri.

Dalam kondisi tangki kosong, Kawasaki KLX 230 R punya bobot 115 kg. Sementara tangkinya bisa menenggak bahan bakar hingga 6,6 liter dalam sekali pengisian penuh. Sangat ringan, bukan?

Seperti dilansir dari laman resmi Kawasaki, bagi MALEnials yang berminat, Anda dapat membawanya pulang seharga 48,9 juta rupiah. Sayang hanya ada satu pilihan warna, yaitu lime green. [GP]

SHARE