Waktu yang Tepat Gunakan Transportasi Pesawat - Male Indonesia
Waktu yang Tepat Gunakan Transportasi Pesawat
MALE ID | Relax

Anda lebih senang terbang dengan pesawat pada pagi, siang, atau justru malam hari? Sejatinya, apapun yang Anda pilih, tidak ada masalah sama sekali.

terbang dengan pesawat - male indonesia
Photo: Pexels.com

Walau begitu, tiap waktu penerbangan mempunyai keunggulan dan kekurangannya sendiri. Terutama jika Anda terbang dengan pesawat di pagi hari.

Sebuah penelitian dari The Buerau of Transportation Statistics, Amerika Serikat menyimpulkan jika penerbangan di pagi hari cenderung tidak pernah terlambat terbang.

“Guna menghindari keterlambatan, jadwal terbang terbaik adalah sebelum jam 8 pagi. Sedangkan keterlambatan terbang akan semakin menumpuk, dan mencapai puncak ketika jam 6 sore,” tulis peneliti, seperti dilansir dari Travel and Leisure.

Tanggapan serupa juga diberikan Stella Connolly, mantan pramugari dari New York. Ia menjelaskan sejumlah keuntungan yang diperoleh jika memilih penerbangan pagi. Menurutnya, layanan penerbangan pagi hari lebih baik.

Ia mengatakan bahwa kecil kemungkinan terjadinya penundaan keberangkatan dalam penerbangan pagi. “Penerbangan dini hari adalah yang terbaik, karena hampir selalu tepat waktu,” kata Connolly kepada NBC News, melansir dari The Sun.

“Seiring berlalunya hari, jika satu penerbangan terlambat, maka akan terjadi efek bola salju dan kemungkinan besar penerbangan selanjutnya akan tertunda. Saya sarankan terbang lebih awal,” ujar dia.

Lebih lanjut menurut data dari situs Five Thirty Eight, umumnya penundaan penerbangan dapat terjadi dari pukul 06.00 waktu setempat dan seterusnya. Di mana pada waktu tersebut, rata-rata penundaan selama delapan menit hingga 21 menit di jam 18.00 waktu setempat.

Bukan cuma tepat waktu, menurut National Severe Storms Laboratory, kemungkinan terjadinya turbulensi pada penerbangan pagi sangat kecil dan lebih sering terjadi di sore hari.

Kemudian kondisi pesawat pada penerbangan di pagi hari juga lebih bersih. Tentu karena belum ada penumpang lain yang memakai pesawat di hari itu.

Stella pun menyarankan lebih baik tidak bepergian selama musim liburan. Selain kondisi pesawat yang penuh, awak kabin juga merasa tertekan, sehingga dapat menjadikannya sebagai pengalaman kurang menyenangkan.

Namun bagi yang tak terbiasa bangun di pagi hari, perlu perhatian ekstra untuk memasang alarm dan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik di malam hari agar perjalanan lancar esoknya. [GP]

SHARE