Rencana Besar Dibalik Hadirnya Logo baru Firefox - Male Indonesia
Rencana Besar Dibalik Hadirnya Logo baru Firefox
MALE ID | Digital Life

Beberapa waktu lalu, Mozilla telah mengenalkan tampilan logo baru untuk produk Firefox, mulai dari browser (peramban) hingga layanan lainnya. Firefox menghilangkan kemunculan rubah yang selama ini sudah identik dengan merek dagang perusahaan.

logo baru firefox - male indonesia

Pemilihan logo baru tersebut merupakan tindak lanjut dari pengumuman Mozilla pada 2018 lalu yang menyuguhkan dua desain logo baru. Satu desain berupa kepala rubah dengan frame geometris, dan lainnya berupa api melingkar yang dipadukan warna oranye, kuning, dan ungu khas Firefox.

Pihak perusahaan memastikan bahwa logo baru itu hanya merupakan merek induk untuk turunan produk Firefox lainnya. Jika selama ini Firefox dikenal sebagai produk mesin peramban, maka perusahaan memperluasnya ke ranah Firefox Send, Monitor Firefox, dan Firefox Lockwise.

Khusus untuk mesin peramban, Firefox memberikan desain ulang dan menggunakan jenis huruf yang benar-benar baru.

Mozilla menuturkan, desain baru peramban Firefox menggambarkan semangat radikal agar optimis terhadap masa depan internet, baik hati pada internet dan dunia, terbuka dan transparan terhadap perspektif global, dan didukung semangat kuat untuk mengubah sudut pandang terkait peramban.

Melalui situs resminya, Mozilla memamerkan logo baru tersebut untuk setiap produknya. Perusahaan menyebut bahwa desain logo bukan sekadar identitas, melainkan juga mewakili produk dan pengalaman mengakses internet yang lebih baik bagi pengguna.

logo baru firefox - male indonesia
Original photo: Pixabay.com

Sebagaimana dikutip dari The Verge, Mozilla telah merancang logo baru Firefox sejak pertengahan 2018 lalu. Kala itu, pihak Firefox mengajak pengguna untuk turut memilih logo baru yang pas.

Ada beberapa pilihan yang disodorkan ke pengguna. Pilihan pertama, logo utamanya berbentuk kepala rubah dengan sudut lebih dinamis dan warna oranye yang dominan.

Pilihan kedua, logo utama menyerupai logo lawas, tetapi bentuk ikon serta warna yang lebih variatif. Logo inilah yang kemudian ditetapkan sebagai logo baru Firefox.

Kemunculan logo baru tersebut sekaligus menandai rencana perusahaan untuk mendiversifikasi produk dengan skema berlangganan. Mozilla menawarkan akses pengguna ke layanan penyimpanan awan dan VPN (virtual private network).

Mengutip laman Techspot, CEO Mozilla Chris Beard dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa pihaknya berencana meluncurkan layanan berbayar pada Oktober 2019. [GP]

SHARE