Motor Terbaru KTM yang Tangguh & Garang - Male Indonesia
Motor Terbaru KTM yang Tangguh & Garang
MALE ID | Sport & Hobby

KTM telah memastikan bakal meluncurkan dua motor garang yang cocok buat trabasan pada tahun 2020 mendatang. Dua produk baru itu adalah XCF-W 350 dan XCF-W 500.


Photo: KISKA/ktm.com

Jajaran varian W ini bukan yang pertama kali dihadirkan oleh pabrikan KTM. Sebelumnya, mereka juga sempat memproduksi dua varian W, yaitu XC-W dan XCF-W. Hanya saja, kedua motor tersebut terpaksa dihentikan produksinya sejak tahun 2017 lalu.

Kehadiran produk XCF-W 350 dan 500 dilakukan untuk menghidupkan kembali jajaran motor trabasan mereka serta melengkapi varian EXC-F 350 dan 500. Serupa dengan dua varian EXC-F, XCF-W nantinya tidak akan dilengkapi lampu penunjuk arah dan kaca spion.

Sebagaimana dilansir dari Ride Apart, pada produk XCF-W ini bakal mendapatkan peningkatan pada sektor sasis dengan frame yang lebih kaku dan subframe berukuran lebih panjang.

Sementara pada suspensinya, pabrikan KTM membekali motor ini dengan satu set garpu depan WP Xplor 48 mm, serta suspensi shockbreaker di bagian belakang.

Untuk sektor pengereman, XCF-W dibekali oleh kaliper rem dari Brembo dengan cakram bergelombang.

Pada dapur pacunya, KTM XCF-W juga direncanakan mengadopsi mesin 4-tak milik EXC-F yang memiliki bobot ringan, serta tidak lupa dipadukan bersama transmisi enam percepatan.


Photo: KISKA/ktm.com

Di varian mesin XCF-W 350 akan mendapatkan kepala silinder dengan crankshaft yang telah didesain ulang ditambah piston dan ukuran silinder lebih pendek. Hal tersebut dipercaya dapat membantu mengurangi bobot dan meningkatkan rasio kompresi.

Sedangkan untuk varian XCF-W 500, pabrikan menyematkan piston keluaran Konig terbaru yang dipadukan dengan silinder berbobot ringan dan katup intake berbahan titanium. Bahkan pada varian ini juga diberikan rocker arm, camshaft dan kopling terbaru.

Lewat kombinasi itu semua, diperkirakan kedua varian, baik XCF-W 350 maupun 500 bakal memiliki bobot yang lebih ringan. Pada varian 350 berbobot 105 kg, sementara varian 500 mendapatkan bobot yang sedikit lebih besar, yaitu 106 kg.

Pihak KTM mengkalim, kedua motor dari jajaran XCF-W mulai beredar di pasar global pada pertengahan tahun 2020. namun untuk informasi harga resmi, mereka masih belum memberikan keterangan lebih lanjut. [GP]

SHARE