Lee Chong Wei, Legenda Tanpa Gelar Juara Dunia - Male Indonesia
Lee Chong Wei, Legenda Tanpa Gelar Juara Dunia
MALE ID | Sport & Hobby

Lee Chong Wei resmi pensiun tanpa status juara Olimpiade atau juara dunia. Ia selalu gagal di detik-detik terakhir. Bukan hanya sekali, melainkan enam kali.


Photo: wikimedia commons

Sebenarnya, Lee Chong Wei sempat masuk final dan merebut medali perak di Kejuaraan Dunia 2014. Sayang, gelar tersebut dicabut lantaran ia diduga menggunakan doping.

Melihat fakta di atas, rasanya wajar jika banyak orang menganggap Lee Chong Wei sebagai pebulutangkis paling apes di dunia. Enam kali tersingkir di final turnamen akbar, entah kata apa yang dapat menggambarkan perasaannya.

Dari 69 gelar, termasuk 47 gelar Super Series menjadi bukti kehebatan dan konsistensi Lee Chong Wei di dunia bulutangkis. Empat gelar All England juga tercatat dalam perjalanan kariernya.

Bahkan, ia menempati posisi satu dunia sejak 2008 - 2013. Oleh karenanya, tak bisa dipercaya dalam rentang waktu tersebut, tak sekalipun medali emas Olimpiade atau juara dunia menghampirinya.

Penyesalan terdalam

Ia hanya bisa terpaku ketika shuttlecock yang ia kembalikan dinyatakan keluar dan menyaksikan Lin Dan berlari meninggalkan lapangan merayakan kemenangan di Olimpiade 2012.

Chong Wei kemudian jongkok dan terlihat menyesali kegagalan di final Olimpiade untuk yang kedua kalinya di tangan Lin Dan, demikian seperti diberitakan CNN.

Empat tahun setelahnya, pertama kali ia mampu menumbangkan Lin Dan di Olimpiade. Tapi, sukses itu tak berarti lantaran ia gagal di babak final usai takluk dari Chen Long.

Hal serupa juga terjadi di Kejuaraan Dunia. Chong Wei hanya tinggal berjarak satu poin dari gelar juara dunia di tahun 2011 saat unggul 20-19 di game ketiga. Kesempatan kedua datang ketika ia unggul 21-20. Namun smash Lin Dan tak bisa dibendung, sehingga Chong Wei berbalik kalah 21-22.

Pasca medali perak Kejuaraan Dunia 2014 dicabut karena doping, ia kembali punya kesempatan di Kejuaraan Dunia 2015. Kesempatan yang pada akhirnya tak dapat dimaksimalkan olehnya.

Chong Wei lagi-lagi terpaku melihat Chen Long melempar raket tanda bahagia sebelum akhirnya menjatuhkan diri di lapangan.

Enam final turnamen besar, sebanyak itu pula Lee Chong Wei melihat pemandangan yang sama. Melihat Lin Dan dan Chen Long berteriak bahagia, sementara ia sendiri berusaha tegar walau raut wajah mengatakan sebaliknya.

Ia pun pensiun tanpa status juara Olimpiade dan juara dunia. Namun perjuangan, kegigihan, dan menolak menyerah pada kegagalan tetap menjadikannya legenda. [GP]

SHARE