Tips Berlibur ke Singapura Bagi Traveler Pemula - Male Indonesia
Tips Berlibur ke Singapura Bagi Traveler Pemula
MALE ID | Relax

Sebagai salah satu negara di Asia Tenggara yang letaknya berdekatan dengan Indonesia, Singapura sering kali menjadi negara tujuan favorit traveler Indonesia. 

Singapura-Male-Indonesia Photo: Pexels.com

Singapura merupakan negara tetangga yang berada di ujung selatan Semenanjung Malaya. Sama-sama berada dalam kawasan Asia Tenggara, Singapura memiliki sejumlah hal yang mirip dengan Indonesia. 

Meski demikian, negara ini terbilang jauh lebih modern dan terawat. Mayoritas penduduk di Singapura adalah etnis Tionghoa, disusul Melayu dan India. Selain karena jaraknya yang dekat, objek wisata menarik, makanan, keamanan, dan bahasa yang digunakan Singapura menjadi alasan lain bagi turis asal Indonesia untuk bertandang. 

Akan tetapi, Anda yang baru pertama kali ingin ke Singapura, wajib mengetahui beberapa hal ini. Tentunya agar liburan perdana Anda di negeri singa ini berjalan dengan lancar.

Waktu Terbaik ke Singapura
Iklim Singapura mirip dengan Indonesia. Karenanya, puncak musim hujan terjadi di waktu yang kurang lebih bersamaan, yakni sepanjang November hingga Januari. Anda bisa menghindari bulan tersebut jika ingin menikmati wisata di alam terbuka.

Sebaliknya, datanglah pada musim kering atau kemarau yang umumnya berpuncak di bulan Juni hingga Agustus. Bila Anda menyukai kemeriahan festival, bisa datang ke Singapura pada bulan Juli yang menjadi waktu perhelatan sejumlah festival budaya, kuliner, bahkan belanja.

Tempat Menukar Dolar Singapura
Mata uang yang berlaku di Singapura adalah Dolar Singapura. Berdasarkan pengalaman wisatawan yang sudah sering ke Negeri Singa, sebaiknya Anda menukar uang saat tiba di Singapura. Sebab, nilai tukarnya lebih baik dibandingkan di Indonesia. 

Cara paling praktis adalah menukar uang di Bandara Changi setelah Anda turun dari pesawat. Namun, bila Anda mencari tempat yang menawarkan nilai tukar paling bagus, rekomendasi teratasnya adalah Mustafa Foreign Exchange di Mustafa Centre, Little India.

Menggunakan Transportasi Publik
Singapura bisa dikatakan sebagai negara di Asia Tenggara dengan sistem transportasi publik paling berkualitas. Gunakan MRT untuk berkeliling kota dengan cepat dan murah. Pilihan lainnya adalah bus kota dengan tempat naik dan turun yang lebih fleksibel. 

Bagi Anda yang tidak bermasalah dengan bujet dan ingin lebih leluasa berkeliling, maka pilihlah Taksi. Ingin yang lebih murah dari taksi, namun sama fleksibelnya? Pesanlah Grab atau Gojek.

Singapura-Male-IndonesiaPhoto: Pexels.com

Jangan Meludah, Membuang Sampah, Menyeberang atau Merokok Sembarangan
Singapura sangat ketat dalam aturan dan kedisiplinan, untuk itu sebagai traveler yang baik, Anda mesti memperhatikan setiap peraturan dan ketentuan yang berlaku agar tidak salah kaprah. Misalnya saja untuk merokok, Anda hanya diperbolehkan melakukannya di ruang terbuka yang berjarak lima meter dari bangunan. 

Jika Anda bingung, ada baiknya menanyakan lokasi merokok yang diperbolehkan pada warga sekitar agar lebih aman. Setali tiga uang dengan merokok, membuang sampah dan menyeberang jalan harus Anda lakukan pada tempat dan waktu yang tepat untuk menghindari terjadinya pelanggaran. Sehingga Anda tak mesti dikenakan denda atau teguran karena menyalahi aturan.

Untuk masalah meludah, jangan lakukan aktivitas ini di sembarang tempat terutama tempat umum. Selain karena Singapura sangat ketat menjaga kebersihan kotanya, meludah juga bukan hal yang sopan untuk dilakukan di sembarang tempat. *** (SS)

SHARE