Liburan ke Antartika harus Tahu Aturan uniknya - Male Indonesia
Liburan ke Antartika harus Tahu Aturan uniknya
Sopan Sopian | Relax

Saat Anda sedang mencari tempat wisata yang unik, Antartika adalah jawabannya. Ada dua hal yang memikat wisatwan dari tempat ini, selain suhu terdingin di bumi, panorama satwa liar yang unik menjadi pengalaman baru bagi traveler.


Image by andries Koopmans from Pixabay

Bahkan, Antartika juga dianggap sebagai salah satu pemandangan paling murni di dunia dan digunakan terutama sebagai pusat penelitian ilmiah. Jadi, kegiatan pariwisata di Antartika tidak dapat dilakukan secara sembarang. Dengan demikian, mengutip laman The Culture Trip, ketika mengunjungi Antartika, ada beberapa aturan yang sangat ketat.

1. Tidak Boleh Menginjak Lumut
Kadang tidak bisa dimengerti, mengapa lumut bisa tumbuh di Antartika. Lumut membutuhkan waktu yang lama di tempat paling ekstrim di palnet ini. Jangan menginjak tanaman ini. Mungkin ini tumbuhan sepele, namun sangat penting bagi ekosistem Antartika.

2. Jangan Membawa Apapun dari Antartika
Ekosistem di Antartika sangat rapuh. Bertahun-tahun manusia mencoba melindungi ekostistemnya, namun telah ditemukan spesies asing di Antartika. Bahkan ada cacing di sana.

Untuk mencegah lebih banyak lagi, ada beberapa aturan kebersihan yang sangat ketat. Semua yang Anda bawa akan dicuci bersih, didekontaminasi, dan diperiksa setiap hari, untuk memastikan Anda tidak membawa sesuatu, bahkan biji terkecil sekalipun.

3. Jangan Sembarangan dengan Penguin
Jika Anda melihat penguin atau hewan lainnya, pastikan jaga jarak, diam, dan jangan beri mereka makan. Berhati-hatilah ketika melangkah, karena beberapa spesies burung suka menyembunyikan telur dan anak-anaknya di balik rumput.

Jika ada penguin yang mengikuti perahu pengunjung, tetap tenang, dan jangan sentuh. Jangan coba untuk membantu hewan ini kembali ke asalnya. Penguin cukup pandai untuk menemukan jalan pulang.

4. Bantulah Paus yang Terperangkap
Aturan di Antartika memang jelas, meminimalisir kontak manusia dengan hewan. Namun, jika Anda melihat seekor ikan paus terperangkap di alat pemancingan, segeralah melapor kepada operator tur dan mencatat koordinat lokasi spesies itu berada.

5. Kumpulkan Sampah
Agar Antartika tetap murni, banyak aturan yang dibuat agar tempat ini tidak tercemar. Jangan membuang sampah sembarangan dan menulis grafiti. Jika Anda perokok, hanya di area tertentu bisa menghisap rokok. Abu rokok harus dikumpulkan, dan membawa semua abu itu sampai keluar Antartika.

Antartika memang indah, tetapi tempat itu sangat keras dan penuh dengan bahaya. Jadi persiapkan segala sesuatunya agar wisata di Antartika berjalan aman dan berkesan. *** (SS)

SHARE