Liburan Open Trip Cerdas Agar Tidak Kena Tipu  - Male Indonesia
Liburan Open Trip Cerdas Agar Tidak Kena Tipu 
MALE ID | Relax

Jasa open trip sudah lumrah di kalangan traveler. Jenis perjalan liburan yang diikuti sekumpulan orang tak saling kenal ini dapat diselenggarakan atas inisiatif agen perjalanan atau perorangan. Jadwal dan rute perjalanannya pun telah ditentukan oleh pihak penyelenggara open trip.

open trip - male Indonesia
Photo by Yente Van Eynde from Pexels

Dengan menggunakan jasa open trip ini, Anda hanya tinggal bayar dan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurusi semuanya. Sebab penyedia jasa open trip tersebut sudah mengaturnya dengan baik mulai dari transportasi, jadwal pulang-pergi, pemandu wisata, makan, dokumentasi, dan sebagainya.

Namun sayang, ada saja oknum penipuan yang mengatasnamakan jasa open trip saat traveling. Alih-alih liburan ke destinasi impian, Anda malah rugi ditipu oleh tim penyelenggara open trip. Nah, untuk menghindari hal ini, Anda perlu tahu cara liburan open trip agar tak kena tipu.

Cek Reputasi
Pertimbangan utama saat memilih agen penyelenggara open trip adalah reputasinya. Agen yang memiliki jam terbang tahunan biasanya memiliki layanan profesional dan reputasi yang baik. Saat ini, cara paling cepat dan aktual mencari agen open trip adalah melalui media sosial. 

Anda dapat mengetik tagar yang berkaitan dengan open trip atau membuka akun para traveler maupun influencer yang sudah pernah mengikuti open trip yang diselenggarakan agen tertentu. Agen yang memiliki follower cukup banyak di media sosial umumnya memiliki reputasi yang baik.

Jangan Tergoda Kata-Kata “Super Murah”
Selain mencari reputasi jasa open trip, Anda juga jangan tergiur dengan kata “super murah”. Pemilihan kata “super murah” biasanya digunakan untuk menarik perhatian orang. Agen perjalanan yang sudah terpercaya tidak begitu menggunakan kata “super murah” untuk menjaring pengguna jasa mereka. Mereka cukup mencantumkan harga dan itinerary saja.

Perhatikan Tanggal Keberangkatan
Sebelum memutuskan untuk memilih jasa open trip, cermati hal-hal penting seperti tanggal keberangkatan. Jasa open trip yang bagus biasanya sudah mengatur jadwal keberangkatan dan kepulangan sedetail mungkin. Informasi ini bisa didapatkan pada media sosial mereka atau website resminya.

Namun sebaliknya, jasa open trip yang tidak terpercaya justru tidak memberitahukan secara jelas menyoal tanggal liburan. Mereka hanya menawarkan lokasi-lokasi tujuan, harga murah dan segala kesenangan semata.

Aspek Kamanan
Biaya murah bukan berarti dihilangkannya faktor keamanan selama perjalanan. Anda dapat memeriksa ada tidaknya faktor keamanan dari itinerary maupun transportasi yang digunakan. Misalnya, kapal ferry yang digunakan memiliki life jacket sesuai prosedur keamanan, hingga adanya asuransi perjalanan. 

Ketahuilah Biaya Normal
Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir penipuan jasa open trip, adalah mengetahui biaya normal menuju destinasi yang akan dituju. Misalnya, paket perjalanan ke Derawan hanya 2 juta satu orang dengan jumlah peserta 4 orang. 

Setelahnya, browsing di internet, berapa biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan 4 orang ke Derawan. Jangan cuma biaya saja, tapi ketahui juga kondisi penginapan yang mereka tawarkan. *** (SS)

SHARE