Hilangkan Gigi Ngilu Tanpa Harus ke Dokter - Male Indonesia
Hilangkan Gigi Ngilu Tanpa Harus ke Dokter
Sopan Sopian | Looks

Gigi ngilu terjadi begitu sangat cepat. Ketika hal itu datang, tentunya akan mengganggu kegiatan bersosialisasi bersama teman untuk menikmati makanan dan minuman.

gigi ngilu - male indonesia
Photo by Allison Shaw on Unsplash

Menurut Dokter Gigi Callista Argentina Wulansari, igi ngilu merupakan gangguan klinis yang umum terjadi, yaitu rasa nyeri yang menusuk dentin gigi yang terbuka karena rangsangan suhu panas dan dingin, atau kandungan kimiawi asam dan manis pada makanan dan minuman.

Penelitian terbaru menyebutkan dua dari lima pada usia 18 sampai 35 tahun mengalami gigi ngilu saat pemeriksaan gigi dan bahkan lebih dari 50 persen di antaranya belum pernah memeriksakan permasalahan gigi sensitif mereka pada dokter gigi.

Gigi ngilu, kata dr Callista, dapat dipengaruhi oleh gigi sensitif, yang dipengaruhi oleh penipisan lapisan enamel gigi, dan menyebabkan lapisan dentin gigi terpapar lingkungan luar, sehingga gigi Anda mudah terasa ngilu.

Gigi ngilu juga bisa terjadi ketika lapisan paling dalam gigi yaitu pulpa gigi, di mana terdapat saraf dan pembuluh darah yang sensitif, mengalami peradangan. Gigi sensitif gejalanya terus menerus dirasakan, bukan hanya makanan dan minuman yang dikonsumsi misal manis atau dingin.

"Menghindari kebiasaan khusus seperti kebiasaan gigit es batu. Kalau habis minum asam jangan langsung sikat gigi, ada jeda supaya mineral tidak terbuang saat kita sikat gigi," ucap dr Callista di acara Gigi Sensitif pada Generasi Milenial.

Selain itu, dr Callista menyarankan untuk memilih sikat gigi yang lembut dan diganti tiga bulan sekali, jangan sampai menunggu mekar. Harus make sure, tekniknya pas tidak terlalu kuat dalam menyikat, khususnya di bagian dalam gigi. "Terlebih kalau sering menyikat gigi misalnya setiap habis makan punya kebiasaan sikat gigi," imbuhnya.

dr Callista memberikan tips bagaimana mengatasi gigi sensitif. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengidentifikasi penyebab gigi sensitif. "Apakah karena sensitif, ada lubang atau karang gigi," tuturnya.

Kemudian, hal kedua yang bisa dilakukan adalah mengurangi kebiasaan yang memicu gigi sensitif. Ketiga, menyikat sikat gigi secara benar. "Kalau sikat gigi terburu-buru bisa mengalami turunnya fungsi gusi," jelasnya.

Dan, yang terakhir agar Anda bisa mengatasi gigi sensitif adalah memilih produk pasta gigi yang tepat dan rutin memakainya. *** (SS)

SHARE