Minum Susu Setelah berolahraga Sangat Dianjurkan - Male Indonesia
Minum Susu Setelah berolahraga Sangat Dianjurkan
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Usai menyelesaikan latihan fisik di pagi hari, tubuh Anda tentu butuh pemulihan seperti pengembalian energi, pemulihan otot, dan penggantian cairan tubuh. Ini pun menjadi alasan kuat, mengapa Anda perlu mengonsumsi asupan bergizi setelah berolahraga, salah satunya susu. 

susu pria - male indonesia
Image by Couleur from Pixabay

Susu merupakan minuman dengan nutrisi terbaik yang ada didalamnya. Disampaikan dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK segelas susu (250 ml) mengandung energi sebesar 146 kkal, dan kaya akan makronutrisi seperti karbohidrat 12,8 gr (4 persen dari kebutuhan harian); protein 7,9 gr (16 persen); lemak total 7,9 gr (12 persen).

Susu juga kaya akan mikronutrisi seperti vitamin A, vitamin D, riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. "Vitamin dan mineral kesannya perannya kecil tapi kalau nggak ada badan nggak bisa gerak sebagaimana mestinya," ujar dr Diana.

Kemudian, menurut Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, dr. Grace Joselini, penyerapan nutrisi dalam susu akan lebih maksimal jika dibantu dengan aktivitas fisik. Menurutnya asupan kalsium saja tanpa ditunjang olahraga berarti tidak ada umpan balik.

 
 

Hentakan kaki atau tarikan ototlah yang akan membuat tulang bertambah, dengan dukungan kalsium sebagai bahan pembentuk tulang. "Saya biasa menyarankan para atlet untuk minum susu setelah olahraga, terutama setelah olahraga dengan intensitas berat. Bahkan susu sekarang dinyatakan sebagai post-exercise drink nomor satu,” ujar dr Grace dalam kesempatan yang sama.

Ia menambahkan, susu memenuhi lima prinsip yang harus didapatkan setelah berolahraga yaitu re-energize, re-vitalize, re-build, re-oxygenate, dan re-hydrate. Karbohidrat yang terkandung dalam susu akan menggantikan (re-energize) cadangan glikogen yang terpakai saat berolahraga. Adapun kandungan antioksidan, vitamin dan mineral dalam susu akan merevitalisasi (re-vitalize) otot.

"Kandungan proteinnya akan membentuk kembali (re-build) tubuh dan otot. Bila kita berolahraga dengan intensitas tinggi tapi kurang asupan protein, otot malah mengecil, sayang sekali,” terang dr. Grace.

Sementara asupan zat besi bermanfaat untuk re-oxygenate otot, dan kandungan air dari susu akan membantu rehidrasi tubuh. Jadi itu tadi kebaikan dari susu dikonsumsi usai berolahraga. *** (SS)

SHARE