Sakit Maag Bisa Menyebabkan Kematian - Male Indonesia
Sakit Maag Bisa Menyebabkan Kematian
Gading Perkasa | Sex & Health

Meski memiliki riwayat sakit maag, banyak orang masih menganggap sepele dan tetap melakukan hal-hal yang memicu kambuhnya penyakit tersebut. Seperti contoh, makan tidak teratur atau mengonsumsi makanan serta minuman yang menyebabkan maag.


Photo: Pixabay

Bahkan ketika kambuh, orang seringkali membiarkan rasa nyeri tanpa penanganan. Padahal jika dibiarkan, sakit maag bisa semakin parah dan berujung pada kematian.

Menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, sakit maag yang tidak diobati bisa mengakibatkan penyakit lain yang lebih fatal.

 
 

“Pasien yang meninggal dengan diagnosisnya sakit maag sebenarnya sangat jarang terjadi. Kematian dapat terjadi akibat penyakit selanjutnya yang terjadi jika sakit maagnya tidak diobati,” kata dr. Helmin.

Maag yang dianggap remeh memang bisa menyebabkan iritasi asam lambung tinggi dalam jangka lama hingga mengakibatkan luka pada lambung dan infeksi. Bahkan bisa juga menjadi kanker lambung yang berakibat fatal.

“Ini karena tidak mengatasi faktor risiko sehingga tidak ada upaya mengatasi dengan tepat. Orang kurang menyadari kalau sudah menderita sakit maag, lalu tak ada upaya pengobatan dan pencegahan. Karena mereka menganggap sepele terhadap sakit maag dan tidak patuh terhadap pengobatan yang diberikan,” tutur dr. Helmin.

Supaya penyakit maag tidak mengganggu aktivitas dan semakin parah, dr. Helmin menyarankan Anda untuk mengenali faktor risikonya. Di samping itu, atasi sakit maag dengan obat yang berfungsi untuk menetralkan produksi asam berlebihan, yakni obat golongan antasida.

“Maag harus ditangani karena dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas, juga demi mencegah keparahan. Perlu mengonsumsi obat maag supaya gejalanya segera teratasi dan kondisinya tidak semakin berat,” kata dia.

Buat Anda yang hendak mengatasi penyakit maag, disarankan memilih obat pereda maag yang tepat. Cari obat yang bekerja lebih cepat dan melindungi lambung lebih lama dengan kandungan hydrotalcite.

Tentunya, obat pereda sakit maag tersebut juga harus mengandung bahan aktif antasida untuk menetralkan asam lambung, sehingga rasa sakit maag bisa semakin cepat mereda. [GP]

SHARE