Aktvitas Rutin untuk Hindari Karang Gigi - Male Indonesia
Aktvitas Rutin untuk Hindari Karang Gigi
Sopan Sopian | Looks

Kebanyakan orang seringkali menyepelekan kemunculan karang gigi. Bahkan tidak sedikit pula yang justru tidak mengetahui keberadaan karang di giginya sama sekali. Biasanya karang gigi terbentuk di atas garis gusi atau permukaan gigi yang tampak di rongga mulut. 

Photo: Wsiegmund/Wikipedia

Karang gigi memiliki beragam warna. Bisa berwarna putih, kuning kecoklatan, hingga hitam. Semakin pekat warna karang gigi, maka semakin banyak pula plak yang menumpuk di gigi. Karang gigi juga memiliki tekstur yang terasa kasar dan berpori ketika diraba menggunakan lidah.

Jangan menganggap remeh karang gigi, karena selain penampilan Anda yang terlihat menijikan, juga memiliki risiko kerusakan gigi dan sakit gusi yang dapat meningkat drastis. Bahkan, salah satu pemicu bau mulut itu sendiri adalah karang gigi.

Faktor penyebab kemunculan karang gigi adalah sisa makanan yang kurang teliti dibersihkan. Selain itu, makanan itu sendiri juga menjadi salah satu faktornya. Makanan dengan kandungan gula dan tepung yang tinggi akan memicu timbulnya plak lebih cepat di gigi. Selain itu, konsumsi teh, kopi, juga merokok bisa menimbulkan plak yang berujung pada karang gigi.

 
 

Cara Mencegah dan Menghilangkan Karang Gigi
Jika belum ada tanda-tanda munculnya karang gigi dalam mulut, maka Anda patut melakukan pencegahan agar karang gigi tidak timbul di gigi. 

Jika Anda ternyata memiliki karang gigi, lebih baik pergi ke dokter untuk melakukan scaling. Nah, apabila sudah bersih, ada beberapa cara sederhana untuk mencegah karang gigi muncul lagi.

Rutin Sikat Gigi dengan Benar
Menyikat gigi secara teratur dua kali sehari selama minimal dua menit dengan teknik yang benar. Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk menjangkau semua area di sela-sela gigi dan mulut Anda. Pastikan juga permukaan belakang gigi dan geraham Anda terjangkau saat menyikat gigi.

Pilihan Pasta Gigi
Pilih pasta gigi dengan fluoride yang dapat mengendalikan karang gigi. Pasta gigi yang mengandung pirofosfat dapat membantu mencegah plak yang mengeras menjadi karang gigi. Selain itu, fluoride akan membantu memperbaiki kerusakan pada enamel yang mungkin telah terjadi. Beberapa formula juga mengandung triclosan (antibiotik yang melawan bakteri dalam plak).

Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi
Tidak peduli seberapa rajin Anda menyikat gigi, hanya penggunaan benang gigi setiap hari yang bisa menghilangkan plak gigi dan mencegah pembentukan karang gigi di daerah yang sulit dijangkau. Lakukan pembersihkan gigi menggunakan benang gigi dengan benar agar tidak melukai gusi Anda.

Obat Kumur
Gunakan obat kumur antiseptik setiap hari untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak. Karena pada faktanya, menyikat gigi hanya membersihkan gigi sebesar 25% saja. Sikat gigi belum tentu bisa menjangkau sudut-sudut kecil. *** (SS)

SHARE