Saat Hubungan Butuh Jarak atau Sudah tak Ada Rasa - Male Indonesia
Saat Hubungan Butuh Jarak atau Sudah tak Ada Rasa
Sopan Sopian | Relationships

Selama ini, untuk membuat hubungan tetap dalam kondisi yang baik dan langgeng salah satu caranya adalah menyempatkan diri untuk selalu bersama dalam setiap kesempatan. Dan karena hal itulah, memiliki ruang untuk diri sendiri terkadang dianggap merupakan hal yang buruk.

jarak - Male Indonesia
Photo by Creation Hill from Pexels

Padahal, sangat penting sekali memiliki ruang untuk mengurus diri sendiri, me time, dan ini sangat menyehatkan. Bahkan, Jonathan Benneth seorang ahli dalam bidang hubungan asmara menyebutkan jika “space atau ruang dalam hubungan merupakan hal yang normal”. 

Kendati terkadang sulit, karena pasangan Anda tentu menaruh curiga ketika Anda membutuhkan waktu. Namun tidak ada salahnya Anda berbicara baik-baik dan menjelaskan tujuannya.

Akan tetapi pula, apakah alasan Anda membutuhkan waktu sendiri memang sedang ingin sendiri atau memang sudah tidak memiliki rasa sayang lagi terhadap pasangan Anda? Terkadang pria sulit membedakan hal ini. 

Alih-alih merasa bosan, belum tentu Anda hilang perasaan. Untuk itu Anda perlu tahu perbedaan antara membutuhkan ruang untuk diri sendiri atau sudah tidak sayang lagi. Mengutip laman Bustle, berikut ini bedanya, supaya Anda bisa lebih gampang menyikapi hal yang terjadi di dalam hubungan.

Butuh Jarak Jika Masih Merindukan Pasangan
Mudahnya, Anda sedang ingin sekali sendiri dan memutuskan untuk pergi traveling atau melakukan kegiatan lainnya secara mandiri. Nah, apakah saat-saat sendiri ini merindukan pasangan? 

Jika Anda melakukan waktu sendiri dan masih terbayang-bayang dengan pasangan bahkan merindukanya, kemungkinan besar masih sangat mencintainya. Bagi orang-orang yang jatuh cinta, sedikit jarak akan membuat hati semakin bergairah.

 
 

Butuh Jarak Jika Sedikit Ingin Mengubah Kebiasaan
Berbeda bukan berarti ada hal yang buruk terjadi. Bisa malah sebaliknya. Seiring hubungan berlangsung, banyak pasangan ‘jatuh’ ke hubungan yang tak sehat, seperti halnya mengharapkan hal yang lebih antara satu sama lain, atau melakukan berbagai kegiatan bersama dalam waktu yang terlalu sering. 

Jadi, jika Anda merasa sedikit bosan atau malah tertekan dan ingin melakukan hal lain. Mungkin saja dengan me time Anda ingin hubungan lebih baik lagi ke depannya. Jadi, menjauh untuk mendekat itu ada baiknya.

Amat Sangat Tak Ingin Hadir di Hidupnya
Saat me time bukan berarti Anda mem-block pasangan dari hidup Anda atau berpura-pura pasangan Anda tak pernah ada. Simpelnya, Anda hanya fokus dan menetapkan batasan untuk diri sendiri sementara waktu. Jadi, akan menjadi pertanda kalau Anda sudah tidak sayang lagi jika ‘masa sendiri’ ini malah membuat sangat berjarak dengan pasangan dan Anda benar-benar tidak peduli lagi.

Tidak Memikirkan Kebutuhan Pasangan
Sekali lagi, sedikit ruang dalam sebuh hubungan memang sehat adanya. Anda sudah tidak sayang lagi ke si dia jika Anda tidak lagi mau mendiskusikan hal-hal penting dan tak mengindahkan perasaanya. 

Anda malah melakukan hal-hal yang dianggap benar dan menarik bagi Anda sendiri. Tak memikirkan pasangan lagi dan tak melibatkannya dalam proses pemikiran Anda. Jika Anda masih mencintainya, Anda akan melibatkan pasangan dan jujur mengenai kebutuhan akan waktu untuk diri sendiri. *** (SS)

SHARE