Kenali dan Cegah Penyakit Kanker Nasofaring - Male Indonesia
Kenali dan Cegah Penyakit Kanker Nasofaring
MALE ID | Sex & Health

Kanker nasofaring disebut juga kanker hidung. Kanker ini berasal dari sel epitel nasofaring di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. 


Image by 401711 from Pixabay

Kanker nasofaring terbilang tak umum. Catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, kanker nasofaring hanya mengambil bagian 0,7 persen dari keseluruhan kasus kanker yang ada. Dilaporkan ada 80 ribu kasus baru dalam setiap tahunnya.

Ahli onkologi kepala dan leher, Profesor Zhang Feng dari Modern Cancer Hospital Guangzhou menuturkan bahwa, dibanding wanita, penderita kanker nasofaring lebih banyak menyerang pria dengan perbandingan 2,63:1. 

Seperti menukil situs web cancer.org, masih belum diketahui pasti apa yang menyebabkan sel kanker ini berkembang. Namun demikian, ahli medis meyakini kanker jenis ini disebabkan oleh adanya mutasi genetik yang menyebabkan sel-sel normal tumbuh di luar kendali.  

Pada kasus kanker nasofaring, prosesnya dimulai pada sel skuamosa yang melapisi permukaan nasofaring. Namun, tak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan mutasi gen pada kasus kanker tersebut.

Menghindari Penyakit Kanker Nasofaring
Laman Web MD mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik. Lalu, gaya hidup seperti apa yang bisa dilakukan untuk terhindar dari penyakit kanker nasofaring ini? Berikut adalah beberapa diantaranya seperti yang juga dilansir dari Cancer.org dan Sing Health.

1. Berhenti Merokok
Tembakau yang terkandung pada rokok disebut sebagai penyebab utama kanker nasofaring. Tak hanya itu, ia juga sering dikaitkan dengan komplikasi kesehatan lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk berhenti mengkonsumsi rokok dan segala jenisnya yang berhubungan dengan tembakau.

2. Mengkonsumsi Vitamin C
Vitamin C dapat ditemukan dari berbagai jenis sayuran hijau dan buah segar. Rupanya, mengkonsumsinya sangatlah disarankan untuk meminimalisir resiko kanker yang salah satunya termasuk nasofaring. Apabila tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi vitamin C dari sayur dan buah, alternatif lain yang disarankan ialah dengan minum suplemen dengan kandungan tersebut.

3. Hindari Memakan Ikan Asin
Nasi hangat dan ikan asin tentu dirasa sangat istimewa untuk disantap. Sayangnya, mengkonsumsi ikan asin sudah tidak lagi disarankan oleh para ahli. Sebab, ia dipercaya mengandung senyawa nitrosamin yang merupakan karsinogenik atau senyawa penyebab kanker nasofaring.

4. Berhenti Minum Minuman Keras
Konsumsi alkohol yang terlalu banyak juga disebut sebagai salah satu penyebab kanker di daerah kepala hingga leher. Tak terkecuali, kanker nasofaring. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol yang dipadukan dengan merokok akan membuat pertumbuhan kanker nasofaring 10 tahun lebih cepat. *** (SS)

SHARE