Tips Hilangkan Bau Sepatu Tanpa Mencuci - Male Indonesia
Tips Hilangkan Bau Sepatu Tanpa Mencuci
MALE ID | Looks

Bukan hanya bau badan, bau pada sepatu juga bisa membuat Anda tidak nyaman berada di lingkungan yang ramai. Bahkan Anda bisa dicap orang yang jorok. Dianggap tak pernah ganti kaus kaki dan lain sebagainya.


Image by Mohamed Nuzrath from Pixabay

Bau pada sepatu dihasilkan oleh bakteri yang berinteraksi dengan keringat yang dikeluarkan kaki, terkadang walaupun kaki dan sepatu sudah di cuci bau masih tetap tercium tidak hilang sempurna. Bakteri ini biasanya berada pada kaus kaki dan sepatu Anda.

Terkadang memang serba salah, jika dicuci, sepatu bisa rusak dan terlihat kusam. Jika dibiarkan bau tak sedap akan timbul. Nah, bagi Anda yang bingung ada cara menghilangkan bau pada sepatu tanpa harus mencucinya.

1. Gunakan Baking Soda
Baking soda memiliki segudang manfaat dan salah satunya menghilangkan bau di kaki. Caranya pun sangat mudah, cukup menaburkan baking soda pada sepatu selama semalaman. Kemudian esok harinya baru bersihkan bubuk baking soda dari sepatu dan pastinya sepatu sudah tidak bau lagi. 

2. Gunakan Kulit Jeruk
Kulit jeruk juga menjadi salah satu bahan yang bisa membantu mengatasi sepatu yang bau. Jika ada jeruk di rumah, segera makan buahnya dan sisihkan kulitnya untuk mengharumkan sepatu. Cukup taruh kulit jeruk ke dalam sepatu dan biarkan selama semalam. Maka keesokan harinya aroma sepatu pun jadi lebih segar.

3. Gunakan Bubuk Kopi
Mengatasi sepatu yang bau ternyata bisa menggunakan bubuk kopi. Aroma dari kopi sangat ampuh untuk menghilangkan aroma tak sedap pada sepatu. Caranya sangat mudah, masukkan bubuk kopi pada kaus kaki yang sudah tak dipakai. Kemudian, letakkan bungkusan bubuk kopi itu di dalam sepatu selama semalam. Keesokan harinya pasti bau sepatu akan lenyap.

4. Gunakan Koran Bekas
Koran bekas rupanya masih bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap dari sepatu. Cukup masukkan kertas koran ke dalam sepatu dan tunggu hingga semalam. Koran akan membuat sepatu memiliki aroma yang lebih baik karena bisa menyerap bau tak sedap dari sepatu.   

5. Gunakan Bedak Bayi
Cara terakhir untuk menghilangkan bau pada sepatu, Anda bisa menggunakan bedak bayi. Pastikan sebelum menggunakannya, sepatu Anda dalam keadaan kering. Cukup dengan menaburkan bedak bayi ke dalam sepatu dan diamkan semalaman. Tidak hanya menjadi wangi, bedak bayi juga bisa menjaga bagian dalam sepatu tetap awet. *** (SS)

SHARE