Menikmati Pulau Bunaken dengan Cara Backpacker - Male Indonesia
Menikmati Pulau Bunaken dengan Cara Backpacker
MALE ID | Relax

Pergi ke Bunaken dengan cara backpacker-an masih terbilang minim. Karena banyak anggapan masih terbilang mahal. Padahal jika saja Anda mencobanya, Anda tidak akan menyesal. Karena keindahan pulau yang berada di Teluk Manado ini luar biasa.


Photo: Asep.saefulloh/wikipedia

Alfred Wallace, seorang penjelajah, ahli biologi, dan geografi dari Inggris, pernah datang ke Manado pada tahun 1859. Dirinya kemudian menjuluki daerah ini sebagai salah satu kota tercantik di Timur Nusantara.

Kemudian, seorang ichthyologist (ahli ikan) bernama Dr John E Randall, berhasil menemukan banyak spesies baru saat berkunjung ke Bunaken pada tahun 70-an.

Nah, jika orang luar saja memuji keindahannya, mengapa tidak untuk pergi melihatnya sendiri. Semahal-mahalnya backpacker-an, tentu tidak semahal liburan diluar cara tersebut. Lalu bagaimana menikmati Pulau Bunaken dengan cara backpacker-an?

1. Pesan Tiket Online
Pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah memesan tiket pesawat online, baik lewat aplikasi atau website. Setelah itu, segera mengecek wisata di pantai Bunaken yang hits di sana.

Namun ingat, Anda pergi ke sana dengan cara backpacker-an. Sehingga Anda perlu mencari tiket promo. Sehingga harga yang bisa Anda dapatkan terbilang tidak mahal-mahal sekali.

Selain itu, hindari hari libur panjang atau hari libur nasional. Tentunya, harga tiket bisa melambuh tinggi. Direkomendasikan untuk liburan ke Bunaken adalah bulan Mei atau Agustus. Karena cuaca sedang bagus dan bisa melihat bawah air hingga 30 meter.

2. Cari Makanan Khas
Bagi para backpacker, hindari jajan di bandara, selain harga yang bisa menguras dompet, juga kurang seru untuk menikmati kuliner. Daya tarik backpacker adalah bisa mencicipi makanan khas yang enak dengan harga miring.

Carilah rumah makan di luar itu. Kemudian, cari salah satu makanan khas Manado, yakni nasi kuning khas Manado. Karena nasi kuning khas Manado ini memiliki cita rasa yang jelas berbeda dengan Nasi Kuning biasa.

3. Transportasi Menuju Tempat Wisata
Cara menghemat transportasi ke Bunaken adalah menuju Tugu Zero Point yang terletak di Jalan Sam Ratulangi tempat sejumlah angkot berputar arah.

Dari sini Anda bisa jalan kaki menuju pelabuhan Manado sepanjang 700 meter. Tidak jauh dari kawasan ini terdapat Kawasan Pasar 45 yang sering menjadi lokasi city tour.

Setelah sampai Kampung Texas, Anda tinggal mencapai Pelabuhan Manado. Dari sini dilanjutkan dengan menaiki perahu taksi, yaitu perahu motor milik warga Bunaken.

Usahakan untuk naik perahu taksi sebelum pukul 14.00 dan tujuan adalah pantai Liang yang lebih ramai. Nah, itulah sedikit cara wisata backpacker ke Bunaken agar Anda dapat menikmatinya dengan biaya terjangkau. *** (SS)

SHARE