Memotret dengan Fitur Portrait Di HUAWEI P30 Serie - Male Indonesia
Memotret dengan Fitur Portrait Di HUAWEI P30 Serie
MALE ID | Whats Up

Jakarta, 19 Mei 2019 - Fotografi portrait sama tuanya dengan fotografi itu sendiri. Sama kunonya dengan hasrat manusia yang fana untuk menyimpan kenangan dan sisi terbaik dari dirinya sendiri, dan menyusuri waktu dalam keabadian.

Pada masa awal fotografi ditemukan dan mulai berkembang, kita mengandalkan metode daguerreotype untuk membuat foto. Teknik kuno ini membutuhkan eksposur yang sangat panjang sehingga pemotretan akan menghabiskan waktu yang sangat lama

Memotret dengan daguerreotype membutuhkan perjuangan dan kesabaran yang panjang. Apalagi kalau berhadapan dengan subyek foto yang tak bisa tenang. Untungnya, teknologi fotografi dan kamera terus berkembang dan semakin canggih. Foto bisa dihasilkan secepat memencet tombol shutter.

Sehingga fotografi portrait, yang menjadikan manusia sebagai subyek foto yang paling memikat dan paling menarik untuk diabadikan, menjadi teknik fotografi yang paling banyak dan paling biasa dilakukan oleh orang.

Tingginya minat orang pada foto portrait juga didukung perkembangan fotografi yang melekat dengan teknologi komunikasi. Kamera di smartphone kini sama mumpuninya dengan kamera umumnya. Sehingga siapapun bisa memotret portrait dengan mudahnya

Salah satu smartphone tersebut adalah HUAWEI P30 Series. smartphone canggih yang telah menetapkan kembali standar untuk fotografi mobile. HUAWEI menanamkan fitur-fitur kamera yang mengesankan di dalam tubuh smartphone premium ini sehingga orang awam sekalipun bisa menghasilkan foto yang luar biasa.

HUAWEI P30 Pro dapat menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang luar biasa. Efek bokeh adalah efek blur yang didapatkan di latar belakang sebuah subyek foto dan banyak orang menyukai efek seperti ini.

Pada kamera SLR, efek ini didapatkan dengan memberikan aperture atau bukaan lensa yang lebar dengan jarak fokus yang pendek terhadap subyek foto. Sedangkan pada smartphone, efek bokeh adalah perpaduan kemampuan hardware dan software secara bersamaan.

Tapi teknik yang digunakan untuk menghasilkan efek bokeh yang dramatis tak lagi sekadar menambahkan angka aperture. HUAWEI telah meningkatkan kualitas efek bokeh para kamera HUAWEI P30 Series dengan menambahkan sensor time-of-flight (ToF) sehingga menghasilkan efek bokeh multi-layer dan kedalaman yang presisi di belakang subyek foto. 

Website benchmarking DxOMark memberikan skor tinggi pada kemampuan kamera HUAWEI P30 Series, khususnya P30 Pro, sehingga menduduki peringkat pertama jajaran kamera smartphone terbaik di dunia.Terkait efek bokeh yang dihasilkan smartphone ini, DxOMark menyatakan HUAWEI sungguh menghasilkan peningkatan luar biasa dan P30 Pro sudah menetapkan benchmark baru. Semua berkat salah satunya sensor ToF.  Tapi efek bokeh hanyalah satu hal saja dalam menghasilkan foto portrait yang luar biasa. Ada banyak aspek lain yang mesti dipelajari dalam rangka memotret foto portrait yang menarik.

Mengabadikan Portrait yang Unik dan Memikat Bersama Diera Bachir

Sudah kita ketahui bahwa portrait adalah salah foto yang paling banyak dilakukan dan paling banyak diminati orang. Apa yang membuat foto ini menarik?  

“Foto portrait itu dapat mengabadikan karakter seseorang, kita bisa mengeksplorasi ekspresi terbaik dari si subyek foto, sekaligus pada saat yang sama mengeluarkan kedalaman field dan tone-nya,” tutur Diera Bachir, pakar fotografi fesyen dan pernikahan, yang telah memotret banyak foto indah dalam upacara pernikahan. 

Foto pernikahan adalah salah satu aplikasi foto portrait yang menarik. Diera mengatakan, pemotretan pernikahan sangat mengesankan sebab fotografer dituntut mengabadikan momen-momen yang luar biasa dalam kurun waktu yang tak bisa dibalikkan lagi. Runutan acara harus mengalir dan tak bisa diulang. Pengantin menginginkan sesuatu yang bisa dikenang selamanya.

Selain pernikahan, ada banyak aplikasi lain foto portrait. Tapi ada satu hal penting yang harus ada dalam pemotretan portrait dan menjadi tantangan tersendiri, adalah terjalinnya chemistry antara fotografer dan talent atau model atau si subyek foto. Ada baiknya foto portrait menggunakan konsep sehingga menjadi unik.

Kalau hal itu sudah terpenuhi, kini tinggal bagaimana mengutilisasi perangkat yang digunakan, dalam hal ini kamera di smartphone. Khusus smartphone HUAWEI P30 Pro, Diera memberikan acungan jempol.

“HUAWEI P30 Pro bagus sekali. Dengan lensa Leica-nya, smartphone ini sangat bisa menghasilkan foto yang bagus,” kata Diera. “Saya suka kemampuan smartphone ini, sehingga kalau bepergian dengan teman-teman, saya suka membawanya dan teman-teman juga sering meminta saya memotret mereka dengan smartphone ini.”

Tips Memotret Portrait Ala Diera Bachir

Menurut Diera ada beberapa tips foto yang bisa diterapkan pengguna smartphone HUAWEI dalam rangka menghasilkan foto portrait yang mengesankan, yaitu:

1. Ketahui cara mencari angle pemotretan yang bagus

2. Kuasai pencahayaan, harus pas, jangan over apalagi under.

3. Kalau menggunakan model, tentukan konsep pemotretannya dan ini nanti terkait dengan   wardrobe dan make-up.

4. Ambil foto portrait jangan terlalu jauh dari subyek foto

5. Untuk angle dari sisi si subyek, bisa ditanyakan angle mana dari di subyek yang dianggapnya terbaik dan eksplorasi di sana.

6. Background apapun bisa bagus, asal jangan polos. Apalagi kalau menggunakan HUAWEI P30 Pro yang memiliki efek bokeh multi-layer, akan sayang kalau background polos. 

HUAWEI juga mengundang insan kreatif di bidang visual khususnya dari Indonesia, untuk mengirimkan karya terbaiknya ke ajang NEXT-IMAGE Awards 2019, untuk bersaing menjadi finalis NEXT-IMAGE dan dinilai karyanya oleh panel juri yang terdiri dari fotografer kelas dunia, kurator, dan para seniman visual terbaik di dunia.

Batas akhir pengiriman karya foto adalah 31 Juli 2019, dan pemenang akan diumumkan pada 9 September 2019, dan acara seremoni HUAWEI NEXT-IMAGE Awards 2019 akan digelar di Paris Photo 2019 pada bulan November 2019. Untuk detail lebih lanjut, kunjungi website resmi https://gallery.consumer.huawei.com. (RM)

SHARE