Motor Beroda Empat Keren dari Pabrikan Swiss - Male Indonesia
Motor Beroda Empat Keren dari Pabrikan Swiss
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Mendengar motor beroda empat mungkin cukup aneh. Maklum, selama ini seolah sudah menjadi kodrat bahwa sepeda motor hanya punya dua roda. Terbatasnya jumlah roda ini yang akhirnya membuat motor memiliki dimensi ringkas, praktis, mampu menyelip di tengah macet, dan tiba di tempat tujuan lebih cepat di perkotaan padat.


Photo: Quadro Vehicles

Hal itulah yang coba didobrak oleh Quadro Vehicles, perusahaan motor asal Swiss. Beberapa waktu lalu, mereka telah merilis Quadro Qooder. Modelnya seperti skutik kebanyakan, namun beroda empat. Kubikasi mesinnya pun ringkas, punya performa seperti motor konvensional, namun aman dikendarai layaknya sebuah mobil.

Nilai-nilai tersebut semakin ditegaskan pihak pabrikan. Mereka mencoba melahirkan kategorisasi Quadro Qooder sebagai motor beroda empat. Kombinasi kenyamanan dan stabilitas berkendara khas mobil dengan kelincahan serta ketangguhan karakter motor.

Kestabilan itu tercipta dari teknologi Hydraulic Tilting System (HTS), sebuah sistem pemandu suspensi yang sudah dipatenkan oleh mereka. Cara ini memungkinkan shock breaker kanan dan kiri bergerak secara individual naik turun terpisah. Tujuannya agar memberikan respon yang lebih baik pada setiap manuver.

 
 

Tokoh di balik Quadro, rupanya orang yang sudah terlibat di motor roda tiga dengan suspensi apik, Lucio Marabase. Dia merupakan Project Manager di Quadro, yang sebelumnya juga ada di proyek motor roda tiga Piaggio dan Yamaha.

Spesifikasi Quadro Qooder seperti skuter kebanyakan. Daya angkut dua orang, dengan kapasitas bagasi mumpuni. Menariknya lagi, bagasi dapat diakses dari masing-masing bangku.

Kendali kemudi juga berbentuk stang layaknya motor konvensional. Mesinnya berkapasitas 399 cc, bertenaga 32,5 HP dengan penyaluran ke dua roda belakang via transmisi CVT dan sabuk baja.

Opsi penggerak elektrik juga ditawarkan oleh pabrikan Quadro, tergantung negara distribusinya. Qooder merupakan produk ketiga perusahaan ini, setelah sebelumnya merilis dua motor roda tiga. Inovasi mereka di sektor kendali stabilitas memang tak pernah henti dari waktu ke waktu.

Buat MALEnials yang ingin membawanya pulang, setidaknya siapkan dana sekitar 9.900 Poundsterling atau sekitar 180 juta rupiah. Tentu saja nominal tersebut belum termasuk aneka pajak yang melekat di masing-masing negara. [GP]

SHARE