Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Baterai Laptop - Male Indonesia
Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Baterai Laptop
MALE ID | Digital Life

Terlepas dari bagaimana cara Anda merawat baterai laptop. Setiap benda elektronik tentu memuliki usia yang pastinya akan rusak. Kedati Anda merawatnya dengan cara yang baik, itu hanya memperpanjang umur baterai laptop saja.


Image by Karolina Grabowska from Pixabay

Saat baterai laptop Anda rusak, Anda harus segera mengganti baterai tersebut. Jika tidak, kemanapun Anda pergi dan berada harus membawa adaptor. Lebih membingungkan lagi ketika Anda sedang mengerjakan tugas-tugas kantor Anda, ada pemadaman listrik.

Nah, lalu pertanyaanya, kapan waktu yang tepat untuk ganti baterai? Sebenarnya tidak harus menunggu waktu baterai rusak atau tidak bisa digunakan sama sekali. Anda hanya perlu mengetahui indikator di mana baterai laptop Anda harus diganti. Berikut ini indikator di mana Anda harus mengganti baterai laptop Anda.

Indikator Baterai Laptop Harus Diganti
Saat ini memang sedang maraknya baterai dengan daya tahan yang cukup lama serta pengisian daya yang over change. Jika baterai laptop masih menggunakan yang lama, biasanya pengisian daya sudah mulai terganggu.

Hal yang bisa Anda rasakan secara langsung ialah perubahan daya simpan yang menurun secara signifikan. Biasanya, gejala awalnya ialah baterai cepat sekali penuh saat diisi. Bahkan dalam hitungan menit bisa langsung membuatnya full 100%.

Tetapi juga sebaliknya, ketika dipakai tanpa charger,daya baterai cepat sekali habis. Contohnya ialah, jika saat ini 100%, maka dalam hitungan beberapa menit saja daya baterai sudah 80% dan akan terus anjlok.

Selain itu, bukan hanya baterai handphone yang bisa mengembang, tetapi baterai laptop juga bisa mengalami pembengkakan. Jika menggunakan baterai lepas atau baterai konvensional, lebih baik dicabut dan dilihat secara keseluruhan dulu untuk memastikan adanya pembengkakan atau tidak.

Jika mengalami pembengkakan biasanya akan sulit untuk memasang baterainya kembali. Dengan begitu, maka Anda harus selalu memasang colokan charger setiap kali laptop sedang digunakan karena baterai tidak bisa dipasang.

Indikator atau ciri lainnya untuk melihat baterai laptop perlu diganti atau tidak ialah dengan memperhatikan munculnya tanda silang warna merah pada indikator baterai di windows. Apabila di-klik, maka akan muncul peringatan ‘battery not connected’ atau ‘replacing your battery’.

Tetapi, Anda juga sebelum membeli baterai laptop yang baru. Anda perlu konsultasi dengan pihak terkait. Untuk diinformasikan saja, tidak semua indokator di atas, mengartikan baterai rusak dan perlu diganti. Kadangkala hal ini bisa saja disebabkan adanya kerusakan di mainboard sehingga menyebabkan baterai tidak terdeteksi. *** (SS)

SHARE