Led Zeppelin Hadirkan Kisahnya Dalam Bentuk Film - Male Indonesia
Led Zeppelin Hadirkan Kisahnya Dalam Bentuk Film
MALE ID | News

Sebuah film dokumenter Led Zeppelin segera dirilis dalam rangka menandai hari jadi ke-50 tahun band rock legendaris ini.


Photo: wikimedia commons

Disutradarai oleh Bernard MacMahon (American Epic), proyek yang belum diberi judul itu memetakan kenaikan karier keempat anggota Led Zeppelin pada 1960-an.

Proyek ini pun mencakup tahun-tahun awal band mencapai puncak pada 1970, ketika album Led Zeppelin II memperkuat reputasi mereka dengan mendepak The Abbey Road milik The Beatles dari puncak tangga lagu Amerika Serikat.

Selain menawarkan wawancara baru dengan Robert Plant, Jimmy Page dan John Paul Jones, film tersebut juga akan menampilkan wawancara yang belum pernah dipublikasikan bersama mendiang John Bonham.

“Melihat Will Shade, dan begitu banyak musisi Amerika awal penting lainnya, dihidupkan kembali di layar lebar dalam American Epic, mengilhami saya untuk berkontribusi pada kisah yang sangat menarik dan bergairah ini,” kata vokalis Robert Plant, seperti dilansir dari NME.

Gitaris Jimmy Page menambahkan, “Ketika saya melihat semua yang telah dilakukan Bernard, baik secara visual maupun sonik pada pencapaian luar biasa yaitu American Epic, saya tahu dia akan memenuhi syarat untuk menceritakan kisah kami.”

Film ini juga menandai waktu resmi pertama Led Zeppelin mengambil bagian dalam film dokumenter tentang kisah mereka.

“Saatnya tepat bagi kami untuk menceritakan kisah kami sendiri pertama kalinya dengan kata-kata kami sendiri. Dan saya pikir film ini akan benar-benar menghidupkan kisah kami,” ucap John Paul Jones.

Film dokumenter Led Zeppelin baru memasuki tahap pasca-produksi. Ditulis oleh Bernard MacMahon dan Allison McGourty, diedit oleh Dan Gitlin, dengan pengawasan suara Nicholas Bergh, dan diproduksi Allison McGourty, Bernard MacMahon, gitaris Garbage Duke Erikson dan Ged Doherty.

Film ini datang di tengah harapan akan reformasi mereka pada hari jadinya ke-50, setelah bersatu kembali dalam pelantikan Rock and Roll Hall of Fame (1995) dan penampilan comeback mereka di konser Tribute to Ahmet Ertegun di O2 Arena pada 2007 silam.

Namun sepertinya, comeback tidak mungkin terjadi, mengingat Plant sebelumnya mengakui tanda-tanda ke arah sana masih jauh dari kenyataan. [GP]

SHARE