Beli Tiket, Lebih Baik Sendiri atau Melalui Agen? - Male Indonesia
Beli Tiket, Lebih Baik Sendiri atau Melalui Agen?
Gading Perkasa | Relax

Salah satu momen yang paling menyenangkan adalah momen Lebaran. Sebab, ini menjadi waktu terbaik untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan kerabat dan saudara.


Photo by Torsten Dettlaff from Pexels

Tapi, bayang-bayang libur panjang di hari Lebaran harus terganggu kala membeli tiket. Ada yang tak punya waktu untuk mencari tiket dan mengandalkan agen perjalanan. Sementara sebagian orang justru lebih memilih membeli tiket sendiri, walau enggan membandingkan harga dari setiap maskapai.

Bila sudah demikian, sebenarnya lebih baik mana, membeli tiket sendiri atau lewat agen perjalanan? Coba MALEnials simak ulasan di bawah ini.

 
 

Membeli tiket sendiri
Membeli tiket sendiri sebenarnya bukan perkara mudah, sebab Anda butuh tenaga ekstra. Selain harus memiliki waktu luang, Anda juga diharapkan lebih jeli saat membandingkan harga dari tiap maskapai.

Meski begitu, membeli tiket sendiri punya beberapa keuntungan, salah satunya semua serba fleksibel. Fleksibel yang dimaksud yaitu tak ada batasan waktu untuk membeli tiket. Baik di pagi, siang, sore, atau malam hari, Anda bisa bebas memburu tiket sesuka hati.

Menyoal harga pun bisa disesuaikan dengan isi dompet. Apalagi bila mendapat promo khusus, tak ada kekhawatiran pulang kampung.

Membeli tiket melalui agen
Kemudian bagi Anda yang tak punya banyak waktu luang, ada baiknya membeli tiket melalui agen perjalanan. Cukup berikan tanggal keberangkatan dan pulang, rute yang dituju, dan sejumlah uang, urusan tiket seketika akan beres.

Bukan hanya itu. Keuntungan lain saat membeli tiket melalui agen perjalanan adalah Anda tak perlu kerepotan dan pusing membandingkan harga dari tiap maskapai. Serta punya konsultan pribadi yang siap memberikan informasi secara jelas dan rinci.

Agen perjalanan juga mengetahui dan dapat mencarikan altenatif pilihan tanggal. Jika sedang beruntung, harga yang didapat bisa jauh lebih rendah. Menariknya lagi, agen perjalanan kerap bekerja sama dengan berbagai bank, tentunya punya beragam keuntungan, seperti cashback atau fasilitas cicilan.

Kelemahan membeli tiket melalui agen, prosesnya akan memakan waktu yang lebih lama. Di samping itu, minim pilihan maskapai, apalagi promo. [GP]

SHARE