Mobil Listrik Honda yang Beda dan Layak Dinantikan - Male Indonesia
Mobil Listrik Honda yang Beda dan Layak Dinantikan
MALE ID | Sport & Hobby

Setelah rutin menjalani uji kelayakan, Honda Urban EV sudah siap untuk diproduksi massal. Mobil listrik yang pertama kali melenggang dalam bentuk prototype di gelaran Frankfurt Motor Show 2017 itu, kini sudah terpampang kian jelas.


Photo: wikimedia commons

Namun jangan kaget bila ada perbedaan yang cukup signifikan dibanding model konsepnya. Jika rancang bangunnya punya desain 3 pintu, Honda Urban EV yang siap dipesan ini rupanya berkonfigurasi 5 pintu.

Selebihnya, mobil listrik dengan konsep perpaduan antara hatchback dan perkotaan ini masih mengusung desain retro modern, lewat penggunaan lampu bulat dan wide body pada lingkar fender-nya.

Seperti dilansir dari Car Magazine, pada bagian emblemnya juga tidak akan tertulis ‘Urban EV’, sebab pabrikan Honda sudah melabelinya dengan ‘e’. Sayangnya, baru namanya saja yang telah mereka ungkap. Perihal detail spesifikasinya masih ditutup rapat.

Terakhir, pihak pabrikan memberikan bentuk menggoda soal rupa dashboard mobil. Modelnya didominasi panel kayu, ditambah layar instrumen yang dapat menampilkan beragam informasi, terbagi atas lima cluster dan memanjang dari ujung pilar kanan sampai kiri.

Lingkar kemudinya begitu mencerminkan setir kepunyaan Honda yang mempunyai banyak tombol pengaturan. Menyusul di sebelahnya ada tombol pengaturan pendingin ruangan, yang dilengkapi layar digital.

Bagaimana fitur yang ditawarkan? Honda ‘e’ akan mengusung teknologi artificial intelligence (AI) yang disebut sebagai Honda Automated Network Assistant (HANA). Teknologi tersebut dapat mendeteksi raut dan mimik wajah sang pengemudi.

Secara sederhana, HANA layaknya fatigue warning. Jadi kalau pengemudi sudah terlihat lelah dan kedipannya mulai lambat, sistem HANA akan bertindak sebagai asisten pribadi dan memrintahkan pengemudi untuk beristirahat.

Di bagian sasis, Honda e dibangun atas platform baru yang dibuat di Honda R&D Center Automobile di Wako, Prefektur Saitama, Jepang. Lewat platform ini, sang desainer sukses merancang tata letak yang leluasa menyoal penempatan baterai, motor listrik, dan komponen penggerak lain.

Mobil listrik Honda ‘e’ sudah dapat dipesan di penghujung tahun 2019 dan pengiriman unitnya mulai tahun 2020. Produk baru ini sekaligus menjadi batu loncatan model debutan untuk mencapai misi pada tahun 2025, dimana sebanyak dua pertiga dari jumlah mobil listrik di Eropa dimiliki oleh pabrikan Honda. [GP]

SHARE