Tren Hilangnya Slot Micro SD di Smartphone Terbaru - Male Indonesia
Tren Hilangnya Slot Micro SD di Smartphone Terbaru
Gading Perkasa | Digital Life

Seperti yang kita ketahui bersama, di era sekarang smartphone menjadi kebutuhan khusus bagi setiap orang. Apalagi untuk urusan spesifikasinya.

Slot Micro SD - Male Indonesia
Photo: Maurizio Pesce/Flickr.com

Baik itu spesifikasi prosesor, atau berbagai fitur lain merupakan sesuatu yang dicari. Terlebih lagi urusan penyimpanan alias memori.

Beberapa smartphone flagship saat ini dibekali dengan kapasitas memori yang berbeda-beda. Mulai dari 16 GB hingga 256 GB, tentu sudah menjadi hal yang wajar.

Namun, tak jarang pula pabrikan smartphone menghilangkan memori eksternal di dalamnya. Banyak pihak yang menyayangkan hal tersebut. Namun, ternyata ada alasan kuat di balik hilangnya slot Micro SD pada sebuah smartphone.

Desain Jauh Lebih Menarik
Tentu tak mengherankan jika smartphone tanpa slot Micro SD tambahan bakal menggunakan desain yang menawan. Pasalnya, slot akan memengaruhi tampilan smartphone menjadi kurang elegan dan menarik. Oleh sebab itu, banyak produsen ponsel lebih memilih untuk menanggalkan komponen tersebut.

Boros Baterai
Smartphone membutuhkan daya untuk berbagai komponen di dalamnya. Kartu Micro SD memakan daya kurang lebih 0,2 mA, bahkan ketika smartphone dalam keadaan siaga. Karena dinilai bikin baterai boros, beberapa produsen smartphone membekali perangkat dengan penyimpanan internal cukup besar tanpa slot Micro SD.

Menghemat Biaya Produksi
Menghilangkan komponen slot Micro SD pasti bakal menghemat biaya produksi. Selain itu, harga jualnya pun bakal sedikit jauh lebih rendah jika dibandingkan ponsel yang menggunakan memori eksternal di dalamnya. Sehingga orang lebih terjangkau ketika membeli produk yang memiliki spesifikasi serupa.

Performa Smartphone Menjadi Berkurang
Menggunakan slot Micro SD dinilai sangat menguntungkan untuk menyimpan berbagai hal. Namun berbeda jika Anda menyimpan data aplikasi pada perangkat tersebut.

Kinerja bisa berjalan sesuai keinginan, selama Micro SD yang digunakan berkualitas baik. Bagaimana kalau sebaliknya? Kemampuan smartphone Anda bakal menurun secara drastis.

Adanya Penyimpanan Cloud
Jika Anda memang membutuhkan media penyimpanan yang besar, saat ini sepertinya Micro SD semakin dipinggirkan. Sebab, media penyimpanan di cloud sudah tak asing lagi bagi pengguna smartphone. Dengan cara ini, kapasitas memori dan penyimpanan sudah tak terlalu dipikirkan. [GP]

SHARE