Wadah Berkumpulnya Para Penggila Custom Figure - Male Indonesia
Komunitas
Wadah Berkumpulnya Para Penggila Custom Figure
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Sepintas, action figure dan custom figure adalah dua hal yang sama. Namun jika action figure berbentuk miniatur karakter anime atau superhero dengan beragam pose yang dibuat oleh pabrikan mainan, custom figure merupakan modifikasi dari karakter yang sudah ada.

Photo: doc.

Rupanya, mereka yang menggilai custom figure tidaklah sedikit. Salah satunya yaitu komunitas Cofe Cola yang sempat kami wawancara beberapa waktu lalu.

“Cofe Cola mulai berdiri pada tahun 2013. Tadinya tidak banyak orang yang tahu custom figure itu seperti apa. Kami lebih kepada mengenalkan custom figure, sehingga orang semakin aware dan tertarik. Atau paling tidak bertanya tentang cara pembuatannya,” ucap Bina, anggota Cofe Cola.

Dari awal berdiri hingga sekarang, Cofe Cola sudah memiliki lebih dari dua ribu anggota di seluruh dunia. Selain Indonesia, anggota komunitas ini juga mencakup mancanegara, seperti Amerika Serikat dan Brasil.

“Untuk di Jakarta sendiri ada lebih dari 400 orang anggota terdaftar, tapi tidak semuanya aktif,” kata anggota Cofe Cola yang lain, Panji.

“Beberapa dari kami suka ngumpul. Kebetulan saya kan punya workshop, dan itu menjadi wadah para anggota untuk sharing,” ujar Bina.


Photo: doc.

Yang membuat komunitas ini berbeda, yaitu setiap figure dibuat sedemikian rupa agar berubah dari bentuk aslinya. Bina mengatakan, perubahannya sangat luas dan mengikuti keinginan konsumen.

“Di Cofe Cola, kami tidak sekadar menjalankan hobi. Aspek untuk usaha juga ada,” lanjut Bina.

“Sampai sejauh ini, sedikitnya seratus figure sudah kami custom. Karena saya juga menerima jasa custom. Ada saja pelanggan yang meminta kepada kami,” ujar Panji.


Photo: doc.

Pada dasarnya, pembuatan custom figure tergantung pada tingkat kerumitan. Menurut Panji, ada pelanggan yang hanya meminta figure miliknya dicat. Tapi tak sedikit pula yang ingin mengubah figure secara total. “Mengenai range harganya, dari 100 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah. Otomatis skalanya juga besar,” ujarnya lagi.

Ditambahkan oleh Panji, kesulitan dalam custom figure adalah mengubah bentuk wajah ke karakter baru. Terutama di bagian mata dan hidung.

“Kadang kami menghindari modifikasi bagian wajah. Karena itu sangat detail. Apalagi kalau proporsi yang diinginkan tidak ada di pasaran, tidak ada contohnya. Sering kami menggabung beberapa figure,” ucap Bina.

Bina mengungkap, umumnya custom lebih mengacu pada modifikasi figure. Tapi seiring perkembangan waktu, seseorang yang sudah terbiasa meng-custom dapat membuat karakter baru.


Photo: doc.

“Walau figure yang diinginkan belum pernah kami ciptakan, selama gambarnya ada, bukan jadi masalah bagi kami,” kata dia.

Kegiatan yang sudah dijalani oleh komunitas Cofe Cola yaitu rutin mengadakan kontes custom dengan tema superhero Indonesia. “Setiap anggota submit karya mereka, nanti kami buat polling dan menentukan pemenangnya,” katanya lagi.

“Pekerjaan rumah kami sampai sekarang adalah bagaimana mengenalkan custom figure kepada masyarakat. Kami juga berharap custom figure mendapat apresiasi lebih karena tingkat kesulitannya tinggi.” [GP]

SHARE