Koneksi Whatsapp Web Susah, Coba Lakukan Ini - Male Indonesia
Koneksi Whatsapp Web Susah, Coba Lakukan Ini
Gading Perkasa | Digital Life

Whatsapp Web pada dasarnya merupakan “perpanjangan tangan” dari aplikasi Whatsapp. Untuk menggunakannya, Anda harus sudah memiliki akun Whatsapp yang aktif di perangkat smartphone.


Photo: PxHere

Anda tinggal menuju ke web.whatsapp.com di komputer dan mengikuti petunjuk yang diberikan guna menghubungkan akun Whatsapp di ponsel via QR code.

Masalah konektivitas, baik di komputer maupun telepon seluler, adalah dua alasan utama Anda mungkin tak bisa mengirim atau menerima pesan di Whatsapp Web. Inilah informasi lebih lanjut mengenai hal itu.

 
 

Masalah konektivitas telepon

Seperti sudah dijabarkan di atas, Whatsapp Web perlu terhubung ke ponsel untuk sinkronisasi pesan yang diterima.

Jika ponsel Anda tidak terhubung dengan Whatsapp, otomatis Whatsapp Web pun tak dapat digunakan. Langkah pertama yang bisa Anda coba yaitu membuka aplikasi Whatsapp di ponsel dan coba mengirim pesan. Kalau ada masalah pada koneksi telepon seluler, aktifkan flight mode lalu matikan, terkadang bisa membantu.

Ketika pengiriman pesan Whatsapp sukses dilakukan di ponsel, cobalah kembali buka Whatsapp Web di komputer Anda. Bagaimana kalau ternyata masih kesulitan mengirim atau menerima pesan? Besar kemungkinan, ada masalah koneksi pada komputer Anda.

Masalah konektivitas komputer

Penggunaan Whatsapp Web tak cuma bergantung pada koneksi aplikasi Whatsapp di ponsel. Koneksi internet yang stabil pun diperlukan pada perangkat komputer.

Bar kuning bertuliskan “Computer not connected” akan muncul di interface Whatsapp Web komputer Anda jika ada gangguan koneksi.

Langkah pertama yang dapat dicoba adalah mengecek koneksi internet di komputer. Setelah itu, cobalah untuk memuat ulang (refresh) halaman berisikan Whatsapp Web.

Masalah tetap terjadi? Whatsapp menyarankan agar Anda log out lebih dulu pada sesi Whatsapp Web tersebut. Caranya yaitu mengakses bagian titik tiga lalu memilih keluar atau log out. Setelah itu, cobalah masuk lagi.

“Anda harus menggunakan versi terbaru browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge untuk dapat menggunakan Whatsapp Web. Browser lainnya, seperti Internet Explorer tidak didukung,” sebut Whatsapp.

Masalah pada koneksi Wi-Fi tertentu

Pusat bantuan Whatsapp menyatakan adanya kemungkinan akses Whatsapp Web memang diblokir atau dibatasi di jaringan Wi-Fi tertentu. Jika demikian, begini langkah yang disarankan Whatsapp dan bisa Anda coba.

“Jika Whatsapp Web memberitahu bahwa Anda berada di jaringan yang menghalangi Whatsapp Web bekerja dengan normal, tanyakan pada admin jaringan tersebut untuk memberikan akses traffic ke web.whatsapp.com.” [GP]

SHARE