Persiapan Saat Pertama Kali Liburan ke Hong Kong - Male Indonesia
Persiapan Saat Pertama Kali Liburan ke Hong Kong
MALE ID | Relax

Hong Kong merupakan kota wisata yang paling digemari setelah Singapura dan Thailand. Karena Hong Kong memiliki keunikan budaya di dalamnya. Selain itu, kota yang satu ini merupakan spusat perdagangan utama dan pusat keuangan dunia dan menjadi salah satu kota global setelah New York City, London, Tokyo dan Paris.


Gambar oleh tee2tee dari Pixabay

Dengan apa yang disajikan Hong Kong, menjadi salah satu alternatif ketika ingin liburan ke Eropa tetapi budget minim. Nah, untuk Anda yang baru pertama kali ingin ke Hong Kong, ada beberapa catatan yang perlu Anda siapkan.

Siapkan Mata Uang Asing
Hal yang cukup penting sebelum Anda berpergian ke Hong Kong adalah menukarkan mata uang asing. Sebaiknya Anda menukarkan mata uang Hong Kong Dolar di Indonesia. 

Hal ini dikarenakan, jika Anda menukarkan mata uang rupiah saat berada di Hong Kong, justru akan mendapatkan rate yang cukup rendah. Atau jika Anda memang ingin menukarkan uang di sana, Anda bisa menukarkan mata uang rupiah Anda ke dolar AS, karena rate mata uang dolar di Hong Kong cenderung stabil. 

Anda bisa menukarkan mata uang tersebut di outlet-outlet money changer yang tersedia. Selain itu, Anda bisa menghindari untuk menukarkan mata uang HKD di bandara karena tentu biaya jasanya akan sedikit lebih mahal.

Pertimbangkan Menggunakan Jasa Tour Guide
Bila Anda berpergian ke Hong Kong, sebaiknya mempertimbangkan menggunakan jasa guide. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam mengunjungi beberapa tempat sekaligus saat liburan ke Hong Kong. 

Namun, dalam catatan, tour guide bisa Anda gunakan ketika Anda bepergian bersama rombongan. Tetapi bagi Anda yang berpergian sendiri atau solo traveling atau bersama pasangan, alokasi budget untuk jasa tour guide bisa Anda alihkan ke pos yang lainnya.

Cari Penginapan Dekat Pusat Kota
Bila ingin tinggal beberapa hari di Hong Kong, Anda bisa mencari penginapan yang berada di dekat pusat kota. Misalnya di daerah Central, Causeway Bay, dan sebagainya. 

Hal ini tentunya untuk menekan budget pengeluaran dari biaya transportasi, karena biaya transportasi di Hong Kong cukup mahal.

Baju Sesuai Kondisi dan Cuaca Hongkong
Sebelum pergi ke Hongkong, cari tahu dulu kondisi musim dan cuaca di sana untuk menentukan baju apa yang harus dibawa, jangan sampai salah kostum. Saat sedang panas, kenakan pakaian tipis yang menyerap keringat selama di Hongkong. Namun jika kondisi cuaca sedang berangin kencang, sebaiknya siapkan outerwear tebal agar tidak menggigil kedinginan.

Menonton Atraksi Gratis
Meski Hong Kong dikenal dengan beberapa destinasi wisatanya yang cukup mahal. Anda juga masih tetap bisa mencari destinasi-destinasi lain yang terbilang gratis bila ingin berhemat saat liburan di Hong Kong.

Misalnya saja, bisa mengunjungi beberapa tempat-tempat bersejarah atau bangunan-bangunan ikonik di Hong Kong. Bisa juga mengunjungi Kong Wan Fire Station, The Pawn House, atau Blue House yang unik atau bahkan Victoria Harbour untuk sekadar berfoto-foto.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi taman-taman yang ada di Hong Kong untuk sekadar bersantai ataupun beristirahat. Anda juga bisa menyusuri jalan-jalan yang ada di Hong Kong seperti Lee Tung Avenue yang ikonik.

Tak hanya itu, Anda bisa menjelajahi galeri seni di Hong Kong, mendaki di Tai Long Wan, mengunjungi beberapa pasar tradisional serta menikmati malam dengan gemerlap lampu kota. *** (SS)

SHARE