Tak Hanya Menumbuhkan, Ini Manfaat Lain Beard Oil - Male Indonesia
Tak Hanya Menumbuhkan, Ini Manfaat Lain Beard Oil
Sopan Sopian | Looks

Beard oil merupakan pelembab sekaligus kondisioner yang berbentuk cair. Secara umum, beard oil memiliki fungsi atau manfaat untuk menstimulus pertumbuhan kumis dan jenggot. 


Gambar oleh John Colt dari Pixabay

Beard oil yang bagus biasanya terdiri dari carrier oil (minyak pelarut) dan essential oil. Beberapa produk bahkan sudah menambahkan Vitamin E, yang mana vitamin ini sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit.

Banyak beard oil menggunakan essential oil dalam pembuatannya. Essential oil hadir dalam beberapa aroma yang berbeda, mulai dari wangi jeruk, cendana, lavender, teh, dan lain sebagainya.  

Essential oil dalam beard oil bukanlah parfum. Essential oil adalah bahan alami yang mampu memberikan aroma secara alami kepada beard oil. Nah, selain dapat menumbuhkan dan memberikan wewangian dalam jenggot Anda, ada manfaat lainnya dari beard oil ini.

Mengatasi Ketombe Jenggot
Ketika Anda tidak menggunakan beard oil maka Anda akan berpotensi mengalami gatal pada jenggot. Jika Anda terlalu lama seperti itu, maka kondisi itu bisa menyebabkan iritasi dan saat itulah ketombe akan timbul di jenggot.

Ketombe pada jenggot terjadi karena kulit dibawah jenggot Anda sangat kering sehingga Anda mulai merasa gatal dan kulit Anda pun mulai mengelupas sehingga timbulah ketombe.

 
 

Membuat Jenggot Terlihat Lebih Baik
Ketika Anda mengoleskan beard oil pada jenggot Anda, maka jenggot Anda akan lebih terawat dan nggak kusut. Untuk itu, apabila Anda merasa jenggot Anda kurang rapih, maka gunakan beard oil secara rutin.

Selain itu, agar jenggot Anda terlihat lebih teratur dan terasa lebih lembut. Selain itu, penggunaan beard oil secara teratur juga akan membantu Anda dalam mengurangi jenggot yang bercabang.

Mengatasi Rasa Gatal pada Jenggot
Kenapa jenggot bisa menjadi gatal? Untuk menjawab pertanyaan ini Anda perlu melihat apa yang terjadi dengan kulit di bawah jenggot Anda, dan bagaimana beard oil bekerja untuk permasalahan ini.

Pada akar setiap folikel jenggot, terdapat sepasang kelenjar yang disebut kelenjar sebaceous. Kelenjar ini adalah kelenjar yang memastikan bahwa jenggot Anda akan terpelihara dengan baik. Nah, kelenjar sebaceous ini memproduksi minyak yang dikenal dengan minyak sebum.

Semakin banyak dan semakin lebat jenggot Anda, maka akan membutuhkan minyak sebum lebih banyak untuk tetap bisa melapisi folikel sekaligus menjaga kulit Anda agar kelembapannya terjaga. Disisi lain, kelenjar sebaceous Anda tidak bertambah sehingga disini peran beard oil akan sangat membantu dalam membantu menjaga kelembapan folikel dan kulit. 

Ketika jenggot Anda tidak menerima minyak sebum maka jenggot dan kulit dibawah jenggot Anda akan kering, dan saat itulah akan merasa gatal pada jenggot. Untuk itu, peran beard oil sangat penting disini dalam perawatan jenggot Anda khususnya jika jenggot Anda lebat. *** (SS)

SHARE