Mencegah WhatsApp Anda Terkena Serangan Hacker - Male Indonesia
Mencegah WhatsApp Anda Terkena Serangan Hacker
Kontributor | Digital Life

Whatsapp merupakan aplikasi instan untuk berbagi pesan telah dibobol oleh hacker profesional dari celah yang sangat rentan diaplikasi ini. Jenis virus yang ditaruh yaitu spyware.

Whatsapp - Male Indonesia
Photo by Štefan Štefan?ík on Unsplash

Seperti dilansir dari CbsNews bahwa Whatsapp telah dibobol oleh hacker telah lama yaitu dari sekitar bulan Mei. Fitur yang rentan dalam aplikasi tersebut yaitu dari fitur voicemail pada Whatsapp.

Whatsapp dikabarkan telah dihack oleh hacker profesional yang berkerjasama untuk mengeksploitasi, dengan virus spyware maka hacker memanfaatkan celah - celah pada kelemahan digital.

Facebook, yang memiliki WhatsApp, memperingatkan tentang serangan pada hari Senin, yang dapat menempatkan spyware pada ponsel dengan mengeksploitasi dalam aplikasi pengiriman pesan. Pengacara hak asasi manusia percaya bahwa serangan pada miliknya tidak berhasil akan tetapi ditakutkan yang lainnya terkena.

Walaupun telah dikonfirmasi dari Whatsapp untuk memperbaiki sistem, beberapa cara ini telah dihimbau oleh pihak Whatsapp agar mencegah para hacker untuk meretas ponsel para penggunanya.

Pihak Whatsapp menghimbau untuk para penggunanya memperbaharui aplikasi agar meminimalisir pada kejahatan hacker. Karena, aplikasi yang belum diperbarui jauh lebih rentan dari serangan hacker.

Serta pihak Whatsapp menyarankan untuk terus memperbarui sistem operasi pada ponsel yang dimiliki oleh pengguna untuk memproteksi dari serangan hacker.

Pada konfirmasi selanjutnya pihak Whatsapp pun memberi kabar pada pengguna Whatsapp yang menggunakan ponsel untuk sistem android dan iOS versi lawas.

Untuk pengguna iOS versi lawas yaitu mulai dari 7.0 dan pengguna android untuk versi 2.37 akan diberhentikan dan tidak bisa lagi mengakses Whatsapp.

Keputusan ini dilakukan oleh pihak Whatsapp dan disarankan untuk mengganti versi android yang terbaru. Dimulai pada tanggal 1 Februari 2020 nanti maka Whatsapp tidak bisa digunakan untuk android dan iOS versi lawas. (YS)

SHARE