Trik Tidur Nyaman Saat Perjalanan dengan Bus - Male Indonesia
Trik Tidur Nyaman Saat Perjalanan dengan Bus
Sopan Sopian | Relax

Perencanaan sebelum berlibur adalah hal yang penting. Bukan hanya soal akomodasi, tapi juga transportasi serta kesiapan menghadapi kondisi-kondisi tak terduga. 

Tidur Nyaman - Male Indonesia
Photo: Raphaël Labbé/Flickr.com

Berlibur menggunakan jasa transportasi darat seperti bus umum, selain menyediakan alternatif biaya murah, dapat menjadi cara yang baik untuk melihat pemandangan dari tempat yang Anda kunjungi. 

Tetapi mungkin perlu ketahanan fisik ekstra, karena saat menggunakan bus, tubuh akan lebih cepat pegal dan terasa sakit di leher. Untuk memastikan Anda tidak memulai perjalanan dengan penyesalan akibat kondisi yang kurang nyaman, ada baiknya mengikuti tips dibawah ini.

Kursi Bus dan Bantal Leher
Kursi bus kebanyakan tidak memberikan kenyamanan untuk dipakai tidur. Posisi tegak membuat kesulitan tidur, malah justru rasa pegal yang sering timbul.

Jika kursi di samping Anda kosong, maka itu akan membuat lebih mudah untuk sedikit berbaring. Tapi jika tidak, tidak ada salahnya membawa bantal leher di dalam persiapan perjalanan.

Duduk Dekat Jendela dan Penutup Mata
Jika Anda tidak memiliki bantal leher, coba pilih kursi yang dekat dengan jendela. Dengan posisi duduk tersebut memungkinkan untuk kepala dapat bersender pada jendela dan membuat tidur lebih terkondisikan.

Jangan lupa bawa penutup mata, karena cahaya di dalam bus atau pantulan mobil yang berseberangan bisa mengganggu. Untuk suara berisik, bisa dihalau dengan penutup telingga atau cukup sumbat saja telinga dengan kapas seperlunya.

 
 

Pakai Jaket atau Pakaian Tebal
Selain persiapan untuk membuat kepala nyaman, persiapkan tubuh Anda untuk menerima papran udara dingin. Ketika naik bus, suhu udara diset dalam suhu yang sama dan Anda tidak bisa dengan mudah mengaturnya. Daripada menggerutu, ada baiknya persiapkan pakaian cukup tebal untuk menghalau udara dingin di sekitar.

Pasang Earphone
Bila Anda sudah melakukan cara-cara sebelumnya namun masih juga tak bisa tidur, sebaiknya Anda mencoba memasang earphone pada telinga Anda. Dengan memutar lagu favorit pengantar tidur, Anda bisa terhindar dari suara-suara bising yang mengganggu Anda.

Gunakan Masker Mulut
Gunakan masker mulut sebelum Anda tidur. Anda tak ingin malu karena ketahuan tidur dengan mulut menganga bukan? Seperti yang dialami raisa beberapa bulan silam. Maka dari itu, gunakan masker.

Ambil Jadwal Perjalanan Malam Hari
Mengutip laman Sleep, ada satu cara yang sangat masuk akal untuk membuat Anda langsung jatuh tertidur dalam perjalanan lama. Ambil jadwal keberangkatan malam hari. Di mana waktu tersebut memang merupakan jam biologis bagi manusia untuk beristirahat. *** (SS)

SHARE