21 Savage, Pendatang Baru di Kancah Musik Rap - Male Indonesia
21 Savage, Pendatang Baru di Kancah Musik Rap
Gading Perkasa | News

Jika dibandingkan dengan Jay-Z, Kendrick Lamar, atau Kanye West, nama rapper 21 Savage barangkali masih terbilang asing di kancah musik internasional. Walau begitu, karier dan prestasinya tak bisa dipandang sebelah mata.


Photo: wikimedia commons

Bukan hanya mengeluarkan album sendiri, 21 Savage juga sudah beberapa kali berkolaborasi dengan musisi-musisi ternama seperti Drake dan Big Sean. Bahkan ia juga berhasil masuk nominasi Grammy Awards 2019 untuk dua kategori, yaitu “Records of the Year” dan “Best Rap/Sung Collaboration”.

Memasuki dunia rap
Seperti dilansir dari The Fader, perjalanan rapper dengan nama asli Shayaa Bin Abraham-Joseph ini sama sekali tidak mudah. Ia mulai menekuni musik rap pada 2013, setelah seorang temannya meninggal di sebuah penembakan.

Berbekal uang yang diberikan paman temannya itu, 21 Savage pun bisa melakukan rekaman di studio. Akhirnya, pada tahun 2014, single debutnya yang berjudul Picky resmi dirilis.

Lagu tersebut juga muncul pada EP pertamanya, The Slaughter Tape, yang rilis pada 25 Mei 2015. Bahkan karena EP itu, 21 Savage mendapat julukan sebagai “Underground Hero in Atlanta”.

Setelah merilis beberapa single dan EP, pria kelahiran 1992 ini akhirnya sukses melepas album perdana bertajuk Issa Album pada 2017. Album tersebut berhasil menduduki posisi ke-2 pada tangga lagu US Billboard 200.

Bertemu Post Malone
Tidak cuma menciptakan dan membawakan lagu sendiri, 21 Savage juga cukup sering berkolaborasi dengan beberapa rapper dan musisi lain, termasuk Post Malone. Masih di tahun 2017, ia muncul di single Post Malone berjudul Rockstar. Lagu ini sukses memecahkan rekor, sekaligus duduk di posisi pertama tangga lagu Billboard Hot 100.

Memasuki tahun 2018, ia semakin sering melakukan kolaborasi dengan berbagai musisi. Beberapa di antaranya Nicki Minaj, Ty Dolla Sign, dan Young Thug. Bahkan pria asal Atlanta ini merilis album kedua berjudul I Am > I Was pada 2018, menggandeng nama-nama besar seperti Childish Gambino dan J. Cole.

Masuk nominasi Grammy 2019
Kerja kerasnya tak sia-sia. Lagu Rockstar yang dibawakannya bersama Post Malone mendapatkan nominasi pada ajang bergengsi Grammy 2019. Tak tanggung-tanggung, lagu itu masuk dua kategori nominasi, yaitu Best Rap/Sung Collaboration dan Record of the Year. [GP]

SHARE