Perhatikan Hal ini Sebelum Liburan ke Pulau Sumba - Male Indonesia
Perhatikan Hal ini Sebelum Liburan ke Pulau Sumba
Gading Perkasa | Relax

Kekayaan alam yang dimiliki Pulau Sumba berhasil membuatnya menjadi destinasi wisata favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata yang terkenal di sana antara lain Savana Puru Kambera, Bukit Wairinding, Pantai Walakiri, Pantai Mandorak dan Pantai Mbawana.


Photo: wikimedia commons

Jika Anda mau pergi ke Pulau Sumba untuk menikmati keindahan alamnya, siapkan beberapa hal agar Anda bisa liburan dengan aman dan nyaman.

Memilih Waktu yang Tepat
Sebenarnya Pulau Sumba bisa dikunjungi kapan saja. Namun, waktu paling tepat harus disesuaikan dengan tempat yang akan didatangi.

Sebagai contoh, bila Anda mau melihat pemandangan padang rumput dan bukit berwarna cokelat, sebaiknya datang pada musim kemarau yang berlangsung selama bulan April hingga Oktober. Di musim ini Anda pun dapat menikmati sunset, sunrise dan milky way karena langit lebih cerah.

Sebaliknya, jika ingin melihat alam Pulau Sumba yang serba hijau, datanglah saat musim hujan, yaitu pada bulan Oktober hingga Maret. Dengan waktu yang tepat akan sangat membantu Anda memperoleh hasil foto sesuai harapan.

Gunakan Jasa Pemandu
Pertimbangkan penggunaan jasa pemandu wisata lokal yang akan menemani Anda selama berada di Sumba. Pemandu wisata lokal dipilih karena mereka dapat membantu Anda menunjukkan lokasi tempat wisata dan kegiatan komunikasi dengan warga sekitar.

Siapkan Fisik yang Prima
Saat memutuskan berlibur ke Pulau Sumba, pastinya Anda berencana mengeksplor semua tempat wisata yang ada. Tapi, harus dipahami bahwa tidak semua tempat mudah dijangkau.

Sebagai contoh, jika ingin berkunjung ke pantai Mbawana, Anda harus melewati tebing terjal dan berjalan kaki dalam waktu yang tidak sebentar. Semua itu bisa diwujudkan jika Anda memiliki kondisi fisik yang prima.

Siapkan Pakaian yang Tepat
Jangan lupa siapkan perlengkapan yang diperlukan, salah satunya pakaian. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan baju adat khas Sumba yang dapat dibeli secara langsung begitu telah tiba di sana.

Pergi ke Kampung Adat
Mengunjungi kampung adat di Pulau Sumba adalah keharusan. Sebab, Anda bisa berinteraksi secara langsung bersama penduduk lokal. Perlu diingat, ke mana pun Anda pergi, harus selalu menjunjung tinggi norma-norma di tempat itu.

Mintalah saran dari pemandu wisata mengenai hal apa yang boleh dilakukan dan dilarang saat mengunjungi kampung adat. Anda wajib meminta izin terlebih dahulu sebelum memotret lingkungan sekitar beserta warganya. [GP]

SHARE