4 Hal yang Membuat Flashdisk Rentan Rusak - Male Indonesia
4 Hal yang Membuat Flashdisk Rentan Rusak
Gading Perkasa | Digital Life

Flashdisk adalah barang berisi banyak data yang sangat dibutuhkan oleh setiap pengguna PC atau laptop. Walau ukurannya kecil, nyatanya barang ini memiliki peran yang cukup vital untuk berbagai hal di hidup kita.

flashdisk - Male Indonesia
Gambar oleh Esa Riutta dari Pixabay

Mulai dari menyimpan file gambar, musik, video, hingga laporan pekerjaan, popularitas flashdisk masih cukup besar, kendati banyak penyimpanan alternatif seperti Google Drive atau Cloud.

Akan tetapi, bisa menjadi masalah besar apabila flashdisk tiba-tiba rusak di saat Anda sedang sangat membutuhkannya. Bukan tidak mungkin, itu disebabkan oleh kebiasaan Anda sehari-hari. Sedikitnya, ada empat kondisi yang dapat mengakibatkan flashdisk rentan rusak. Yaitu:

Terkena Virus
Semakin seringnya flashdisk berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain bisa menyebabkan tempat penyimpanan tersebut terkena virus. Sehingga Anda perlu scan virus di flashdisk secara berkala.

Tapi ingat, jangan asal pakai anti virus. Pastikan Anda menggunakan anti virus dengan kualitas bagus dan original.

Terlalu Sering Didekatkan ke Magnet
Pada dasarnya, semua barang elektronik tidak boleh sering berdekatan dengan magnet, termasuk flashdisk. Anda harus berhati-hati meletakkan flashdisk, jangan sampai dekat ke magnet.

Barang-barang yang memiliki magnet antara lain ponsel, speaker, dan kunci kendaraan. Bahkan perangkat yang memiliki fitur pengeras suara pasti mengandung magnet di dalamnya.

Terlalu sering terpapar radiasi magnet akan mengacaukan arus data yang ada di dalam rangkaian flashdisk. Buntutnya, flashdisk menjadi rusak.

Lupa Eject
Ini sering juga dilupakan oleh banyak pengguna laptop. Tujuan dari eject flashdisk adalah agar Anda bisa mendapat peringatan dari perangkat apakah flashdisk Anda masih mengolah data atau tidak.

Jika langsung dicabut, ada kemungkinan data yang ditransfer belum terkirim dengan sempurna dan mengakibatkan data menjadi corrupt atau rusak.

Tidak Menutup Ujung Flashdisk
Poin terakhir juga tak kalah penting. Seringkali orang kehilangan tutup flashdisk karena ukurannya kecil lalu membiarkan bagian ujung flashdisk terbuka begitu saja.

Padahal, ujung soket yang terbuka bisa menyebabkan lapisan tembaga rusak atau bahkan kemasukan debu. Kalau sudah demikian, flashdisk Anda tidak akan bekerja dengan sempurna. [GP]

SHARE