Mengenal Motor Adventure Bengis Buatan Honda - Male Indonesia
Mengenal Motor Adventure Bengis Buatan Honda
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Pada pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 di Kemayoran, Jakarta lalu, ada satu motor adventure pabrikan Honda yang sangat menarik perhatian. Motor itu adalah Honda CRF 1000L Africa Twin Adventure Sports.


Photo: Gading Perkasa/Male Indonesia

Pabrikan Honda merilisnya untuk memperkaya pilihan bagi penggila sepeda motor adventure tourer di Indonesia. Varian baru dari Honda menyuguhkan ketangguhan yang mewarisi semangat go anywhere dari pendahulu.

Honda CRF 1000L Africa Twin Adventure Sports membawa pembaruan di berbagai sektor yang membuatnya semakin nyaman dikendarai di jalan tanah, touring jarak jauh, bahkan lincah dikendarai di jalan perkotaan serta jalan berliku.

 
 

Mesin yang diusung ringan namun bertenaga, dengan konfigurasi paralel twin-cylinder berpendingan cairan yang sudah terbukti. Sasis dipertahankan untuk kelincahan bertualang di medan on-road atau off-road.

Penyematan teknologi throttle by wire mengatur tingkat kepresisian tenaga yang dikeluarkan, serta pilihan riding mode dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Teknologi itu membuat tarikan makin responsif, berpadu dengan mesin 998 cc yang menghasilkan torsi maksimum 95,4 Nm @ 6.000 Rpm dan muntahan tenaga sebesar 69,2 kW @ 7.500 Rpm.

Fitur tambahan semakin memperkuat tampilan adventure melalui perubahan di sektor suspensi depan, tangki bahan bakar, extended fairing protection, skid plate yang lebih lebar, serta windshield lebih tinggi.

Pembaruan lainnya adalah disematkannya panel meter LCD dengan desain baru yang menyediakan berbagai informasi penting, mulai dari speedometer, tripmeter, konsumsi bahan bakar, sisa bahan bakar, takometer, suhu mesin. Fungsi perangkat elektronik juga dapat dipantau dari panel ini.


Photo: Gading Perkasa/ Male Indonesia

Aura petualang sejati diimplementasikan pada desain bodi yang kuat dan minim bobot, menawarkan kerampingan demi menunjang kelincahan.

Kapasitas tangki bahan bakar kini lebih banyak, 24,2 liter dari sebelumnya yang hanya 18 liter, sehingga bisa Anda bawa berkendara menempuh jarak lebih jauh.

Suspensi depan memiliki langkah lebih panjang, namun tetap bisa disesuaikan. Dikombinasi dengan sistem pengereman 4 piston, wavy disk brake, dan sudah dilengkapi Antilock Braking System (ABS). Begitu pula suspensi belakang yang dapat disetel.

Pihak pabrikan memberikan dua varian warna untuk Honda CRF 1000L, yakni red white dan blue red white. Mau memilikinya? Setidaknya, Anda perlu menyiapkan dana sekitar 499 juta rupiah. [GP]

SHARE