Berjalan Setelah Makan Punya Manfaat Kesehatan - Male Indonesia
Berjalan Setelah Makan Punya Manfaat Kesehatan
Sopan Sopian | Sex & Health

Setelah makan biasanya seseorang akan merasa kekenyangan dan malas untuk bergerak. Atau bahkan mungkin Anda pernah melakukan langsung kerja setelah makan siang, bahkan langsung tidur? Jika Anda sering melakukan itu, Anda termasuk orang yang merugi. 

Berjalan Setelah Makan - Male Indonesia
Photo by Alvin Mahmudov on Unsplash

Ketika Anda selesai makan, lebih baik Anda gunakan untuk berjalan kaki sebentar. Karena jalan kaki setelah makan memiliki manfaat untuk kesehatan. Penelitian menemukan bahwa jalan kaki setelah makan mampu menurunkan kadar gula darah sebesar 12-22 persen. 

Dilansir TIME, satu studi kecil menemukan bahwa jalan kaki bisa menguntungkan bagi mereka yang berisiko diabetes. Dalam studi tersebut, mereka yang berisiko diabetes tipe 2 berjalan di treadmill selama 15 setelah makan. Hasilnya, mereka memiliki lonjakan gula darah yang lebih kecil setelah jalan kaki.

Sistem pencernaan manusia mengubah makanan menjadi glukosa gula, yang merupakan salah satu sumber energi utama tubuh. Jadi setelah makan, glukosa ini akan membanjiri aliran darah Anda. Hormon insulin membantu menarik glukosa itu ke dalam sel, baik untuk digunakan segera atau disimpan untuk digunakan nanti.

 
 

Namun bagi orang dengan diabetes, tumpukan glukosa itu dapat tetap berada dalam darah, sehingga dapat berkontribusi pada penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan masalah kesehatan lainnya.

Nah, studi tersebut menjelaskan bahwa otot-otot yang Anda gunakan untuk berjalan akan menggunakan glukosa sebagai energi, mengeluarkannya dari sirkulasi, sekaligus mengurangi glukosa yang masih “mengambang” di dalam tubuh.

Selain itu, seperti dikutip dari Fitsugar, Mayo Clinic Sleep Disorders Center di Rochester mengungkapkan, jalan santai setelah makan malam bisa membantu seseorang tidur lebih cepat dan membantu mengurangi ketagihan mengemil makanan lemak tinggi dan manis saat larut malam.

Namun seseorang tidak dianjurkan untuk berjalan cepat atau berlari setelah makan besar, karena bisa membuat suplai darah yang seharusnya membantu proses pencernaan menjadi dialihkan untuk berjalan cepat. Serta membuat jantung bekerja dua kali lipat lebih besar.

Perlu diinformasikan juga, kebiasaan jalan kaki setelah makan, juga dapat meningkatkan metabolisme. Jika Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat, cara terbaik dan mudah untuk meningkatkan metabolisme Anda adalah dengan berjalan kaki setelah makan. *** (SS)

SHARE