5 Pesepak Bola yang Terjerat Lilitan Hutang - Male Indonesia
5 Pesepak Bola yang Terjerat Lilitan Hutang
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Honor yang diterima pemain sepak bola profesional dunia tentu tidak sedikit. Buktinya Cristiano Ronaldo saja bisa koleksi mobil sport.

Tapi jangan salah. Ada juga pesepakbola terkenal dan tajir tapi utangnya segunung. Meski demikian, ada juga yang berusaha keluar dari masalah itu dengan membayar utang atau mencicilnya. Sementara itu ada juga yang malah bertindak dengan tidak bertanggung jawab. Lalu siapa saja pesepak bola yang terjarat hutang tersebut?

John Arne Riise


Photo: Chell Hill/Wikipedia

Walaupun digaji 50 ribu poundsterling oleh Liverpool, pria asal Norwegia ini dinyatakan bangkrut pada 2008 akibat utang sebesar 100 ribu poundsterling. Padahal saat itu usia Riise masih 27 tahun, masih terhitung produktif.

Utang-utang tersebut tak lain disebabkan karena investasinya di dunia hiburan yang gagal total. Salah satunya adalah bisnis perhotelan.

Selain kegagalan investasi, Riise juga dikabarkan terjerat kasus hukum dengan mantan agennya sendiri. Dan dari kasus tersebut, Riise harus menanggung risiko sebesar 3 juta poundsterling.

 
 

David James


Photo: Gokulpoovlliyil /Wikipedia

Salah satu kiper Inggris yang paling terkenal, David James, mengalami kebangkrutan setelah bercerai dengan istrinya. Kebangkrutan pemain ini terjadi pada tahun 2014 setelah dia mulai tenggelam dalam utang.

Meskipun mendapatkan 20 juta Pounds (Rp 386 miliar) dari karier sepak bolanya dan ada uang melalui kontrak pemodelan, namun James tidak mampu membayar hutangnya.

Paul Gascoigne


Photo: Danyele/Wikipedia

Paul Gascoigne dijuluki ‘gelandang Inggris paling berbakat di generasinya’. Paul memulai kariernya di klub kota kelahirannya Newcastle tetapi kemudian pindah ke tim yang lebih besar, yaitu Tottenham Hotspur dan menjadi legenda klub Spurs.

Namun, kehidupan pasca pensiunnya tidak lebih dari bencana. Pemain ini berjuang menghadapi depresi berat dan masalah mental yang selanjutnya menciptakan masalah kecanduan narkoba dan alkohol.

Semua masalah ini membuatnya berhutang pada otoritas pajak lebih dari 200.000 Pounds (Rp3,8 miliar). Paul juga dipenjara beberapa kali terutama karena mengemudi dalam keadaan mabuk, kepemilikan kokain dan gangguan.

Paul Merson


Photo: Magnus Manske/Wikipedia

Paul Merson adalah mantan pemain Arsenal. Ia adalah salah satu pemain yang berhasil memberikan  gelar Liga Premier dan memenangkan Piala FA kepada The Gunners.

Namun semua kehidupan gemilang itu sirna pasca pensiun. Sebab, Merson kecanduan alkohol dan obat-obatan. Dia pun menghabiskan uang lebih dari 3 juta Pounds (Rp 57 miliar).

Kehidupan rumah tangga Merson juga bermasalah dan berakhir dengan perceraian. Pada akhirnya, dia harus menjual rumahnya di West Midlands untuk melunasi hutangnya.

Brad Friedel


Photo: Ytoyoda/Wikipedia

Penjaga gawang Amerika, Brad Friedel, merupakan salah satu pemain AS yang terkenal di Liga Premier Inggris. Gajinya lebih dari 40.000 Pounds (Rp 771 juta) per minggu di Aston Villa.

Sayangnya, setelah itu Firedel dinyatakan bangkrut karena memiliki utang lebih dari 5 Pounds juta (Rp 96 miliar). Ini terjadi pada tahun 2011 di Amerika Serikat, di mana Firedel membuka akademi sepakbola nirlaba pemain dan telah melakukan pinjaman dari RBS Citizens. Sayangnya, dia tidak mampu membayarnya. *** (SS)

SHARE