Alasan Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia - Male Indonesia
Alasan Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia
MALE ID | Relax

World Happiness Report 2019 mendaulat Finlandia di posisi pertama daftar negara paling bahagia di dunia.

warga bahagia - male indonesia
Pixabay.com

Laporan yang dirilis oleh Sustainable Development Solution Network PBB bersama Ernesto Illy Foundation, menggunakan survei dari Gallup, mencatat 156 negara dengan enam variabel survei, yakni PDB per kapita, tunjangan sosial, usia harapan hidup, kebebasan, keramahan dan bebas korupsi.

"10 negara teratas memenuhi nilai tertinggi enam variabel tersebut, termasuk tekanan emosional," kata editor laporan John Helliwell, dikutip dari CNN.  Helliwell adalah profesor emeritus bidang ekonomi di University of British Columbia.

Finlandia yang menjadi salah satu negara terkaya, bebas korupsi, dan progresif secara sosial. Juga memiliki sistem peradilannya paling independen di dunia, aparat kepolisiannya paling tepercaya. Bank-bank berkinerja sangat baik, perusahaan-perusahaan di sana pun paling etis.

Apalagi penduduknya. Mereka menikmati kebebasan pribadi, kebebasan memilih dan kesejahteraan tertinggi. Selain masih ada rahasia mengapa Finlandia menjadi negara paling bahagia.

Semangat Bernama "Sisu"
Warga Finlandia menganut "sisu", semangat dan ketabahan menghadapi masa sulit. Mereka tidak pernah mengeluh meski cuaca tidak cerah. Pepatah lokal berbunyi, "Kebahagiaan tidak muncul karena Anda mencarinya, tetapi dengan terus menjalani hidup".

Dekat dengan Alam
Sebanyak 75 persen dari luas daratan Finlandia terdiri dari hutan. Penduduk Finlandia kerap melakukan "terapi hutan" dengan menjelajah atau berkemah di hutan, tepian danau, serta pinggiran sungai. Aktivitas itu bahkan disebut "hak setiap warga".

Bersantai di Sauna
Menguras keringat di sauna adalah hobi nasional di Finlandia. Populasi penduduk negara tersebut sekitar 5,4 juta jiwa, berbanding dengan jumlah sauna mencapai dua juta. Sauna menjadi tempat memurnikan jiwa raga, membuat otot dan pikiran relaks.

Hidup Minimalis
Orang-orang Finlandia senang hidup minimalis. Jika memiliki barang, mereka memilih yang awet, fungsional, dengan manfaat berkelanjutan. Penduduk negara itu juga gemar membaca, dengan 68 juta buku dipinjam dari perpustakaan per tahun.

Tidak Mengumbar Kebahagiaan
Rendah hati adalah ciri khas warga Finlandia. Umumnya, penduduk Finlandia kurang suka mengungga banyak hal di media sosial. Mereka menjaga kebahagiaan untuk dirasakan sendiri bersama orang tersayang, bukan mengumbarnya ke dunia maya.

Merangkul Emosi Negatif
Berbahagia dan mensyukuri kondisi yang ada bukan berarti selalu tersenyum. Finlandia relatif melankolis, di mana warganya suka mendengarkan musik tango yang sedih atau heavy metal untuk menerima hidup apa adanya, dikutip dari laman Afar. *** (SS)

SHARE