Cermat Pilih Liburan Aman bagi Pengidap Asma - Male Indonesia
Cermat Pilih Liburan Aman bagi Pengidap Asma
Gading Perkasa | Relax

Dikenal sebagai masalah pernapasan, penyakit asma memang cukup mengganggu ketika kambuh. Apalagi jika Anda adalah traveler yang aktif, asma bakal membatasi diri Anda buat beraktivitas.
penyakit asma - male Indonesia
Photo by Matt Collamer on Unsplash

Tapi, tidak selamanya liburan dengan penyakit asma itu menyusahkan. Kalau Anda bisa mempersiapkan secara matang, khususnya mencari destinasi yang tepat, traveling akan tetap terasa menyenangkan.

Nah, kira-kira bagaimana sih cara memperoleh destinasi wisata terbaik bagi Anda yang punya penyakit asma? Kami punya sejumlah tips di bawah ini.

Hindari Tempat Dingin
Suhu udara rendah selalu menjadi musuh bagi penderita asma, khususnya yang biasa tinggal di daerah tropis. Karena, jumlah oksigen yang terkandung dalam udara dingin sangatlah tipis. Sehingga, dapat menyebabkan sesak di dada yang bakal memicu asma. Jadi, usahakan Anda menghindari tempat yang sedang memasuki musim dingin.

Hindari Tempat Terlalu Panas
Sesuatu yang berlebih tidak baik buat penderita asma. Selain menghindari tempat dengan cuaca dingin, Anda pun wajib mewaspadai cuaca yang terlalu panas. Pasalnya, cuaca panas juga dapat menyulitkan pengidap asma untuk bernapas lega.

Ditambah lagi udara di sekitar sudah bercampur dengan polusi atau debu. Jadi, hindari tempat-tempat berpolusi yang memiliki suhu tinggi.

Tempat di Ketinggian
Penderita asma juga tidak disarankan buat traveling ke tempat-tempat yang berada di ketinggian lebih dari 2.500 meter di atas permukaan laut. Karena, semakin tinggi suatu tempat, semakin tipis juga oksigen yang bakal didapatkan.

Bukan cuma itu, kondisi fisik bakal terkuras hebat jika Anda memaksa untuk mendaki. So, hindari tempat-tempat wisata seperti gunung atau bukit yang berada di ketinggian lebih dari 2.500 meter.

Melibatkan Aktivitas Fisik Berlebih
Asma punya banyak sekali pemicu. Selain debu dan suhu udara rendah, asma juga dapat kambuh jika kondisi tubuh terlalu lelah. Sehingga, wisata yang melibatkan aktivitas menguras tenaga sangat tidak dianjurkan.

Terutama tempat-tempat yang sudah bersifat ekstrim seperti gunung, hingga diving ke dasar laut.

Coba ke Pesisir
Guna menjaga agar penyakit asma tidak kambuh, Anda bisa datang ke tempat-tempat yang mengandung uap air dari laut. Wisata pesisir pantai adalah destinasi paling cocok buat Anda. Tapi, pastikan juga pantai yang Anda pilih bebas polusi dan memiliki tingkat kelembapan yang baik. [GP]

SHARE