Google Assistant Akan Lebih Mudah Memahami Anda - Male Indonesia
Google Assistant Akan Lebih Mudah Memahami Anda
Gading Perkasa | Digital Life

Penggunaan Google Assistant di perangkat Android sampai saat ini sudah mencapai angka yang cukup masif. Setidaknya, ada sekitar satu miliar perangkat yang terhubung ke Google Assistant setiap harinya di seluruh dunia. google assistant - Male Indonesia
Photo: Maurizio Pesce/Flickr.com

Melihat antusias penggunaan Google Assistant, pihak Google pun membuat asisten digital berbasis AI tersebut agar semakin pintar. Dalam ajang Google I/O 2019, Google Assistant VP di bidang pengembangan, Scott Huffman, mengatakan bahwa Google Assistant akan dibuat untuk lebih memahami penggunanya.

Demi melakukan hal tersebut, mereka bakal menyematkan fitur yang bernama “Personal References”. Fitur ini memiliki konteks jauh lebih baik untuk pertanyaan yang sifatnya lebih personal, seperti saat pengguna bertanya ‘cuaca di rumah ayah’.

Tidak hanya sampai di situ, fitur Personal References juga akan memberikan sentuhan yang lebih personal, seperti informasi atau pemberitahuan mengenai hari peringatan tertentu, serta menyarankan sejumlah ide terkait hadiah yang tepat.

 
 

Kendati terdengar cukup menakutkan karena Google Assistant dapat mempelajari pola keseharian penggunanya, Huffman tetap akan memperhatikan masalah privasi. Pengguna dapat menambah, mengedit, atau menghapus detail itu kapan saja dari tab “You” di pengaturan aplikasi Assistant, seperti dilansir dari Engadget.

Ada juga kemampuan di mana Google Assistant akan segera menyesuaikan saran yang lebih personal untuk sejumlah topik. Fitur “Picks for You” akan tiba di perangkat smart display dengan memberikan pengguna pilihan seputar resep makanan, podcast, dan acara tertentu.

Saran tersebut bisa melihat akun pengguna yang akan mempertimbangkan konteks. Seperti konteks waktu, untuk menghindari menyarankan resep makan malam di kala pagi hari. Jadi, pengguna dapat memperoleh saran yang jauh lebih kompeten.

Seperti yang telah diketahui, fitur ini merupakan salah satu fitur baru dalam gelombang pembaruan Assistant oleh Google. Awal bulan Mei 2019, Google menggabungkan pencarian Assistant dan web pada perangkat di Chrome OS.

Mereka juga membuat asisten suara kompatibel dengan akun G Suite bisnis, dan membawa cerita pengantar tidur yang diberdayakan oleh Asisten ke iOS dan Android. [GP]

SHARE