Tips Menghindari Suasana Berisik di Kantor - Male Indonesia
Tips Menghindari Suasana Berisik di Kantor
Gading Perkasa | Works

Seringkali suasana berisik di kantor membuat karyawan sulit untuk fokus dan konsentrasi. Hal ini biasanya dialami oleh karyawan di level menengah yang belum memiliki ruangan kerja pribadi. Atau, mereka yang bekerja di kantor dengan konsep open office.

berisik-Male-Indonesia
Photo by @chairulfajar_ on Unsplash

Hilangnya fokus dan konsentrasi tentu berpengaruh pada produktivitas. Itu berujung pada terhambatnya karier Anda. Sebenarnya, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar suasana berisik di kantor tidak menjadi hambatan untuk menyelesaikan pekerjaan. Yaitu:

 
 

Lakukan Pekerjaan di Ruangan atau Area Lain

Beberapa jenis pekerjaan membutuhkan tingkat konsentrasi atau ketelitian tinggi. Kalau Anda mengerjakan jenis pekerjaan seperti ini dan suasana di sekitar berisik, cobalah mencari ruangan atau area lain yang suasananya lebih tenang. Hal yang sama bisa dilakukan kalau Anda menerima telepon dari rekan bisnis.

Menjaga Privasi

Anda selalu berhak mendapat ketenangan untuk menuntaskan pekerjaan. Oleh karenanya, tak ada salahnya mengingatkan rekan kerja supaya tidak melanggar privasi Anda.

Caranya, coba berbicara baik-baik kepada rekan kerja jika merasa privasi Anda terganggu. Cara lainnya, gunakan gestur tubuh atau mencantumkan peringatan tertulis yang menyatakan bahwa Anda butuh ketenangan.

Ajak Rekan Kerja untuk Mendukung Ketenangan

Tidak semua rekan kerja mengeluarkan suara yang keras saat sedang berbicara. Namun, jika salah satu rekan kerja Anda punya kebiasaan seperti ini, cobalah untuk mengajaknya keluar ruangan dan mulai berbicara dengannya.

Dari sini, sampaikan pesan bahwa Anda adalah orang yang membutuhkan ketenangan dalam bekerja.

Gunakan Headphone

Cara berikutnya untuk menghindar dari suasana berisik di kantor adalah dengan menyematkan headphone di telinga. Kalau Anda hendak menggunakan cara ini, pilihlah headphone yang memiliki fitur noise cancellation agar suara dari luar benar-benar tak terdengar.

Dengan headphone menempel di telinga mungkin akan membuat rekan kerja harus menepuk punggung Anda saat ingin berbicara. Namun, cara ini juga membantu rekan kerja guna mengetahui bahwa Anda benar-benar sedang mencari ketenangan dalam bekerja.

Dan pastikan bahwa tempat Anda bekerja, memperbolehkan Anda menggunakan headphone, karena jangan sampai Anda hanya menambah masalah baru. 

Berkompromi dengan atasan

Kalau suasana kerja tidak lagi kondusif karena terlalu berisik, sesekali coba Anda membicarakan hal ini dengan atasan. Anda bisa meminta atasan memberikan solusi atau meminta pindah ke area kerja yang lain. [GP]

SHARE