Momen Tepat Mengenakan Jas dan Blazer - Male Indonesia
Momen Tepat Mengenakan Jas dan Blazer
Gading Perkasa | Looks

Walau jenis pakaian pria tidak kompleks seperti wanita, ada juga model pakaian yang mirip dan bikin bingung, contohnya outerwear berupa jas dan blazer. Mengingat modelnya yang mirip, dua item ini kerap dianggap sama.


Photo by Philips Wei from Pexels

Padahal, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara jas dan blazer. MALEnials penasaran? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Realmanrealstyle.

Jas
Jas merupakan jenis pakaian pria yang didesain satu paket dengan celana panjang. Dua potong pakaian ini dibuat dari bahan yang sama sehingga menampilkan kesan sleek dan menghasilkan ilusi tubuh lebih tinggi. Setelan ini sebaiknya dipakai secara bersamaan untuk menciptakan tampilan maksimal.

Mengenakan jas tanpa setelan celana akan membuat penampilan Anda aneh. Selain tidak matching dari segi bahan, “memotong” setelan di tengah-tengah justru menjadikan proporsi tubuh Anda timpang.

Itu karena jas biasa didesain dengan potongan tajam, sehingga bawahan yang tidak sesuai bakal bikin Anda kelihatan lebih besar di satu sisi.

Blazer
Blazer adalah salah satu jenis pakaian yang masuk dalam golongan outerwear. Jenis pakaian satu ini biasanya digunakan sebagai pelapis luar kaus atau kemeja. Beberapa bahkan mengenakan blazer sebagai penghangat saat musim dingin.

Rata-rata blazer terbuat dari bahan serge (sejenis twill) atau flanel. Bahan-bahan kain tersebut memang tergolong tebal, namun tidak terlalu panas saat dikenakan. Jadi, Anda dapat memakai blazer untuk beragam acara outdoor, baik siang maupun malam hari. Pada bawahan, celana chino atau jeans berwarna gelap adalah pilihan tepat.

Perbedaan Keduanya

Apa perbedaan jas dan blazer? Pertama jelas dari bahannya. Jas terbuat dari bahan kain yang lebih kaku dan tebal. Sedangkan blazer memiliki bahan lebih tipis namun lembut. Untuk pembuatannya, jas dibuat dengan tiga lapisan yang menggunakan furing sehingga tampak lebih tebal dan kokoh.

Di sisi lain, pembuatan blazer tidak serumit jas karena hanya membutuhkan satu lapisan saja dan tidak perlu bawahan celana yang senada. Secara struktur, blazer lebih loose, dimana bagian pundaknya tidak terlalu dibuat tajam layaknya jas.

Kapan waktu yang tepat memakainya

Anda wajib tahu kapan saatnya memakai jas atau blazer. Jas jauh lebih formal. Anda bisa mengenakan jas untuk acara-acara formal seperti menghadiri pernikahan atau makan malam resmi.

Sementara blazer, karena terbuat dari bahan yang lebih ringan dan tipis, lebih cocok untuk nuansa lebih santai (kasual). Pakai blazer ketika hangout bersama teman atau acara semi formal di malam hari. [GP]

SHARE