Cara Mudah Kurangi Konsumsi Makanan Gorengan - Male Indonesia
Cara Mudah Kurangi Konsumsi Makanan Gorengan
Gading Perkasa | Sex & Health

Pastel, pisang goreng, kentang goreng, dan makanan gorengan lainnya memang sangat digemari. Bisa jadi Anda salah satunya. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang garing dijamin membuat Anda ketagihan.

gorengan - male indonesia
Photo: Male Indonesia

Sayangnya, makanan gorengan cenderung tidak sehat. Penyebabnya adalah kandungan kalori di dalamnya. Melansir dari Hello Sehat, makanan yang digoreng memiliki kalori lebih tinggi dibanding olahan makanan lain, serta mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh inilah yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Walau bahaya, bukan berarti Anda sama sekali tak boleh mengonsumsi makanan gorengan. Hanya saja Anda perlu membatasinya. Ikuti cara mudah mengurangi konsumsi gorengan berikut.

 
 

Sajikan Makanan dengan Cara Lain
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menyajikan masakan tidak digoreng. Olah makanan tersebut dengan direbus, dikukus, ditumis, dipanggang, atau dibakar.

Rasa makanan yang dipanggang menggunakan sedikit minyak hampir mendekati makanan gorengan. Cara mengolah masakan ini terbilang lebih aman ketimbang digoreng langsung dengan banyak minyak.

Meskipun kurang gurih, Anda tetap dapat mengakalinya. Misalnya, tidak memasak sayuran terlalu lama. Alhasil, sayuran akan tetap renyah sekalipun tidak digoreng dengan minyak.

Sediakan Camilan Sehat
Pernahkah Anda berpikir, apa yang menyebabkan Anda sulit lepas dari gorengan? Boleh jadi, salah satu alasannya adalah tergantung pada camilan.

Ketiadaan camilan mungkin membuat Anda memilih membeli gorengan. Nah, salah satu cara mengurangi makan gorengan adalah selalu sedia camilan sehat. Entah itu buah, roti gandum, susu, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, niat Anda membeli gorengan pun batal.

Membuat Gorengan Sendiri
Sesekali makan gorengan tidak masalah, asal Anda bisa membatasi untuk tidak memakannya terlalu sering.

Di samping itu, pilih gorengan yang jauh lebih sehat. Membuat gorengan sendiri bisa menjadi salah satu solusinya jika Anda benar-benar tidak tahan menghindari makan gorengan.

Anda dapat memantau pilihan dan penggunaan minyak. Pilih minyak yang lebih sehat untuk menggoreng, seperti minyak zaitun atau minyak kanola. Hindari menggunakan minyak bekas sisa menggoreng makanan lain. Gunakanlah minyak dalam jumlah sedikit.

Kuatkan Niat
Cara yang paling ampuh mengurangi kebiasaan makan gorengan adalah memantapkan niat Anda. Pasalnya, jika Anda sudah berkomitmen, Anda tentu jadi lebih kuat menahan godaan makan gorengan.

Perbanyak membaca informasi yang berkaitan dengan kesehatan, sehingga Anda lebih siap hidup sehat dan mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. [GP]

SHARE