5 Spot Keren di Kota Palangkaraya, Wajib Datang! - Male Indonesia
5 Spot Keren di Kota Palangkaraya, Wajib Datang!
Gading Perkasa | Relax

Wacana pemindahan ibu kota Indonesia ke kota Palangkaraya kembali muncul. Sebelumnya, gagasan ini pernah mencuat sejak era Presiden Soekarno.


Photo: wikimedia commons

Kala itu, Soekarno sempat menyebut wacana pemindahan ibu kota Indonesia sebanyak dua kali dan kota Palangkaraya adalah kandidat utama.

Rupanya, Palangkaraya menyimpan potensi wisata yang menarik. Berikut kami rangkum lima spot keren di kota Palangkaraya yang wajib Anda sambangi.

 
 

Taman Nasional Sebangau
Destinasi pertama adalah Taman Nasional Sebangau. Lokasinya berada di Kabupaten Katingan dan Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Taman nasional seluas 568.700 hektar ini merupakan rumah bagi sekitar enam ribu orangutan. Tak hanya habitat orangutan, taman ini juga menjadi tempat untuk 25 jenis mamalia, 116 jenis burung Borneo, 36 jenis ikan, serta sekitar 166 jenis flora.

Jadi, selain menikmati suasana yang sejuk, Anda dapat mengabadikan berbagai jenis satwa langka.

Museum Balanga
Kalimantan tidak terlepas dari Suku Dayak. Nah, untuk mengenal suku asli tersebut, Anda bisa berkunjung ke Museum Balanga.

Museum yang terletak di Jl. Palangka, Jekan Raya, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah ini menyimpan berbagai jenis benda yang biasanya digunakan Suku Dayak, seperti senjata, tempat menyimpan padi, dan alat berbagai ritual upacara.

Begitu memasuki museum, Anda akan merasakan suasana kehidupan tradisional Suku Dayak. Koleksi disusun berdasarkan daur hidup, mulai peralatan upacara fase kelahiran, perkawinan, dan kematian.

Di museum tersebut juga terdapat senjata tradisional, seperti Sumpit, Duhung, dan Mandau. Tak ketinggalan miniatur rumah panjang yang disebut Rumah Betang.

Pantai Ujung Pandaran
Pantai Ujung Pandaran menawarkan pemandangan sunset indah dan eksostis. Bahkan ketika liburan tiba, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain wisata pantai, Pantai Ujung Pandaran juga jadi tempat wisata religi. Hal ini dikarenakan di sana terdapat makam seorang ulama.

Danau Tahai


Photo: wikimedia commons

Danau Tahai adalah danau kecil yang terletak di Desa Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Di area danau, terdapat jembatan kayu yang menghubungkan sekitar danau.

Kata ‘tahai’ sendiri berasal dari bahasa dayak yang berarti danau. Uniknya, danau ini memiliki warna yang berbeda dari danau pada umumnya, sedikit kemerahan. Selain itu, di sekitar danau juga terdapat rumah terapung atau lanting, yang membuat suasana terasa sangat damai.

Tugu Soekarno Palangkaraya
Untuk mengetahui lebih dalam sejarah Kota Palangkaraya, Anda dapat mengunjungi Tugu Soekarno yang diresmikan Presiden Soekarno pada 17 Juli 1957. Tugu ini terletak di Jalan S. Parman, di sisi Sungai Kahayan yang merupakan sungai terbesar di Kalteng.

Tugu Soekarno memiliki 17 pilar yang menandakan tanggal berdirinya, dengan tiang utama setinggi sekitar enam meter sebagai monumen. Di bawahnya tertulis pahatan pembangunan pertama Kota Palangkaraya. Sedangkan tugu apinya melambangkan api yang tak kunjung padam. [GP]

SHARE