Hindari Memulai Bisnis dengan Teman, ini Alasannya - Male Indonesia
Hindari Memulai Bisnis dengan Teman, ini Alasannya
Gading Perkasa | Works

Memulai bisnis dengan teman dekat sah-sah saja untuk dilakukan. Namun akan jauh lebih baik jika Anda mengurungkan niat tersebut. Apa pasal?

memulai bisnis - Male Indonesia
Photo by Oleg Magni from Pexels

Seperti dilansir dari Wisebread, ada sejumlah alasan mengapa Anda lebih baik tidak mengajak teman dekat berbisnis atau mengerjakan proyek. Tidak semuanya tepat, namun potensi kerugian yang Anda alami bisa besar di kemudian hari.

Mau tahu mengapa Anda jangan sampai memulai bisnis dengan teman? Baca uraian di bawah ini.

 
 

Loyalitas dan Etos Kerja adalah Dua Hal Berbeda
Mungkin dia termasuk teman yang sangat loyal dan tidak meninggalkan Anda di saat susah. Namun, loyal belum tentu diikuti etos kerja yang baik.

Bisa jadi dia loyal sebagai partner. Sayang sekali dalam urusan kerjaan, dia selalu telat karena kebiasaannya. Ia bahkan tak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Hasil kerjanya pun jauh dari kata memuaskan. Bukannya itu justru merugikan Anda?

Perdebatan bisa Menjadi Panjang
Mustahil dalam urusan bisnis tidak diselingi perdebatan. Proses membangun usaha tentu tak lepas dari hal ini, karena setiap co-founder punya pandangan masing-masing soal mengembangkan usaha.

Bagaimana jika Anda harus berdebat demi kebaikan usaha dengan teman sendiri? Ini bisa merembet ke masalah pribadi yang berbuntut panjang.

Lambat laun, perdebatan akan merusak hubungan pertemanan. Sudah tidak ada yang bisa Anda lakukan jika kondisinya sudah demikian.

Teman Sulit Menerima Kritik
Jika sewaktu-waktu Anda harus mengkritik kinerja teman dalam bisnis, percayalah bahwa teman Anda tidak akan termotivasi. Yang terjadi justru hubungan pertemanan rentan rusak. Teman Anda lebih baik dalam hal mendengarkan. Tapi bila harus dikoreksi setiap saat, ia sulit menerimanya.

Semua Hancur Begitu Masalah yang Berkaitan dengan Uang
Bayangkan saja kalau Anda buka usaha berdua, lalu ada tindakan penyalahgunaan dana yang ia lakukan dan Anda mengetahuinya. Bukan cuma hubungan bisnis yang hancur, kan?

Memecat Teman Tidaklah Sepele
Ketika Anda membuka usaha dan memiliki karyawan malas, tindakan pemecatan harus dilakukan. Apalagi kinerjanya tidak sesuai harapan. Pertanyaannya, apakah Anda tega memecat teman sendiri?

Tidak ada jaminan bahwa teman Anda bakal mudah mencari kerja atau proyek lantaran persaingan di dunia usaha cukup ketat. Anda menjadi serba salah. [GP]

SHARE