Tetap Produktif Bekerja Selama Bulan Puasa - Male Indonesia
Tetap Produktif Bekerja Selama Bulan Puasa
Gading Perkasa | Works

Bekerja saat puasa terkadang membuat seorang karyawan menjadi kurang produktif. Hal ini agaknya wajar, karena Anda tidak mengonsumsi makanan dan minuman, menyebabkan energi berkurang drastis.

Produktif-Male-Indonesia
Photo by NEW DATA SERVICES on Unsplash

Namun, hal itu bukan jadi alasan bagi Anda untuk tidak produktif dan bermalas-malasan dalam bekerja. Anda tetap harus profesional dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Seperti dilansir dari Business Insider, berikut sejumlah cara yang bisa bikin Anda bahagia dan produktif walau bekerja saat puasa. Antara lain:

Tawarkan Bantuan ke Rekan Kerja
Malas hanya akan menambah beban kerja. Sebaliknya, jika Anda mengerjakan banyak tugas, waktu puasa tidak akan terasa. Apabila pekerjaan Anda sudah selesai, coba tawarkan pada rekan kerja apakah dia butuh bantuan.

Kerjakan tugas dengan sepenuh hati agar pekerjaan di bidang Anda selesai semua. Hal ini juga merekatkan hubungan Anda dan rekan kerja.

Fokus Pada Tujuan Karier
Ingat bahwa Anda punya tujuan karier dalam bekerja. Jika puasa membuat Anda bermalas-malasan, tentu hal ini akan memengaruhi kinerja di kantor. Oleh karena itu, tetaplah fokus dan bekerja sesuai budaya kerja yang dianut. Jangan juga overwork karena itu melelahkan diri sendiri.

Minta Pekerjaan Pada Atasan
Bukan bertujuan mencari perhatian dari atasan, namun meminta pekerjaan menandakan bahwa Anda memang ingin belajar agar kinerja lebih meningkat.

Coba Anda minta pekerjaan yang dapat meningkatkan kemampuan Anda. Selain melatih cara kerja, atasan juga akan respect terhadap Anda.

Bangun Hubungan yang Erat dengan Rekan Kerja
Jangan lupakan kehidupan sosial. Berbaurlah dengan rekan kerja dan bangun hubungan erat. Tidak peduli jika itu hanya lingkaran kecil, buatlah hubungan yang nyaman dan bebas drama.

Anda tidak ingin fokus kerja menurun karena terganggu drama yang menguras energi dan kehilangan kebahagiaan, bukan begitu MALEnials?

Jangan Lupa istirahat
Bekerja saat puasa kadang membuat Anda lupa beristirahat, karena istirahat sering diasosiasikan sebagai makan dan minum. Ingat, tubuh juga perlu istirahat dari duduk selama berjam-jam.

Keluarlah dan hirup udara segar sejenak, atau pergi ketempat yang bisa membuat Anda tenang. Hal itu akan meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan dalam bekerja. [GP]

SHARE