Ederson Moraes, Kandidat Penjaga Gawang Terbaik - Male Indonesia
Ederson Moraes, Kandidat Penjaga Gawang Terbaik
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Penjaga gawang Leicester City, Kasper Schmeichel memandang Ederson sebagai penjaga gawang terbaik di Liga Primer Inggris saat ini dan juga salah satu yang terbaik di dunia.


Photo: wikimedia commons

Dalam beberapa tahun terakhir, David de Gea (Manchester United) kerap dipandang sebagai kiper terbaik di EPL. Akan tetapi, penurunan performa De Gea hingga kehadiran penjaga gawang berbakat lain seperti Ederson (Manchester City) dan Alisson (Liverpool) membuat pandangan tersebut bergeser perlahan-lahan.

Di Liga Primer Inggris musim 2018/2019, keduanya menjadi kiper dengan clean sheet terbanyak serta membawa timnya paling sedikit kebobolan. Walau Ederson hanyalah pilihan kedua di timnas Brasil setelah Alisson, Kasper Schmeichel merasa bahwa Ederson jauh lebih baik.

“Menurut saya, Ederson bersama dengan Marc-Andre ter Stegen (kiper Barcelona) dan Jan Oblak (Atletico Madrid) merupakan tiga kiper terbaik dunia saat ini,” kata Schmeichel, seperti dilansir dari Sky Sports.

“Cara Ederson bermain sungguh berani, membuat City bisa memainkan pressing tinggi. Bola yang berada di area belakang, akan langsung disalurkan olehnya untuk membuat City kembali memulai serangan.”

“Dia tahu jika sedikit kesalahan darinya bisa berdampak fatal, tapi dia adalah kiper yang mumpuni. Saya rasa, dia merupakan kiper terbaik di liga Inggris,” tutur dia.

Memiliki nama lengkap Ederson Santana de Moraes, ia lahir di Osasco, Brasil, pada 17 Agustus 1993. Ederson mengawali kariernya di lapangan hijau bersama klub lokal Sao Paulo. Di klub tersebut, ia bermain selama satu musim.

Pada usia 16 tahun, Ederson bergabung dengan salah satu raksasa Portugal, Benfica dan menghabiskan waktu dua tahun di sana, sebelum pindah ke skuat senior Ribeirao dan pindah ke Rio Ave satu musim berselang.

Juni 2015, ia kembali ke klub Benfica sebagai pemain senior dan menandatangani kontrak selama lima musim. Berkat penampilan impresif di skuat B, ia pun melakoni debutnya di tim utama pada Maret 2016, menggantikan Julio Cesar yang cedera serta membantu klubnya meraih juara liga ketiga kalinya secara beruntun.

Kendati berusia muda, sudah banyak torehan yang ia raih. Antara lain Primeira Liga dua kali, Taca de Portugal, Taca da Liga, Supertaca Candido de Oliveira, dan Liga Primer Inggris 2018 bersama Manchester City. [GP]

SHARE