Bermain Mobil RC, Cara Positif Menghibur Diri - Male Indonesia
KOMUNITAS
Bermain Mobil RC, Cara Positif Menghibur Diri
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Sabtu pagi, di salah satu sudut Taman Langsat, Jakarta Selatan, mobil-mobil mini berseliweran. Menaiki gundukan tanah dan melewati akar-akar pohon besar yang menjalar sebagai tantangan di dalam track. Tak sedikit juga yang gagal.


Photo: Sopian/Male Indonesia

Ya, mobil-mobil mini ini adalah mobil Remote Control (RC) jenis adventure. Semuanya tergabung dalam komunitas RC Pelarian. Kendati terbilang baru. Tetapi komunitas ini sudah memiliki 35 anggota.

Dannu Rahmat, inisiator RC Pelarian mengatakan, komunitas yang aktif sejak pertengahan 2018 ini awalnya berasal dari grup WhatsApp yang hanya terdiri dari lima orang saja. Nama RC Pelarian pun belum tercetus. Hanya diberi nama RC saja.

"Waktu itu belum ada spesifikasinya apa. Terus lambat laun, semakin banyak. Awalnya rally, tapi ternyata pada suka adventure. Jadi Adventure yang kita mainin," kata Dannu Rahmat saat ditemui MALE Indonesia.


Photo: Sopian/Male Indonesia

Dannu mengakui, karena masih terbilang baru, komunitas RC Pelarian ini masih belum memiliki struktur organisasi. Jadi, kata dia, semuanya sama rata. "Intinya kami di sini menyalurkan hobi yang positif saja. Fun-fun aja. Semacam meditasi, me time-nya para pria," tuturnya.

Lebih lanjut, kata Dannu, selain menyalurkan hobi, RC Pelarian menjadi wadah bagi yang ingin sharing tentang hal-hal terbaru terkait RC itu sendiri. Mulai dari onderdil atau aksesori di dalamnya. 

"Jadi kita memang enggak ada target apa-apa untuk sementara ini. Jadi hanya untuk tempat sharing, jual beli, atau info-info terkait onderdil atau aksesori untuk 'gado-gado' RC," jelasnya.

Male IndonesiaPhoto: Sopian/Male Indonesia

Ia juga menjelaskan, rata-rata RC adventure yang dimiliki anggota komunitas semuanya dirakit sendiri agar lebih bagus saat melakukan berbagai medan dan lintasan. "Semuanya sudah 'gado-gado', jauh dari aslinya," ucap Dannu.

Untuk harga masing-masing mobil yang dimiliki anggota komunitas, kata dia, berbeda-beda. Harga standarnya bisa dimulai dari Rp 3 juta sampai Rp 15 juta lebih. "Tapi di sini udah di atas 5 juta semua kayaknya," tutur Dannu.

Dannu jgua mengaku, ia sudah menyukai mobil-mobil mini (RC) ini sejak tahun 98. Demi hobi yang tidak biasa ini, ia rela merogoh rupiah lebih dari puluhan juta. "Saya sendiri 15 juta plus-lah," akunya.


Photo: Sopian/Male Indonesia

Para anggotanya sendiri terdiri dari beragam latarbelakang, dan tidak semuanya berasal dari kawasan Jakarta Selatan saja. Bahkan ada yang dari Bekasi hingga Kali Deres, Tangerang. "Kalau latarbelakang pekerjaan macem-macem. Ada karyawan kantoran sampai pengusaha," ucap Dannu.

Karena jaraknya yang jauh ini pula, kata Dannu, menjadi salah satu kendala untuk bisa bermain bersama seluruh anggota. Artinya, setiap minggunya ada yang tidak bisa hadir, ada juga yang bisa. "Jadi ganti-gatian. Minggu ini ada yang enggak bisa hadir, minggu depannya baru bisa tapi ada yang enggak bisa," terangnya.

Nah, bagi Anda yang punya minat atau hobi "ngoprek" serta suka RC adventure, Anda bisa ikut bergabung dengan RC Pelarian ini. Jadwalnya setiap Sabtu pagi, di Taman Langsat Jakarta Selatan. *** (SS)

SHARE