Penyebab Email Tidak Bisa Terkoneksi ke Android - Male Indonesia
Penyebab Email Tidak Bisa Terkoneksi ke Android
Sopan Sopian | Digital Life

Anda mungkin pernah mengalami kerusakan pada sistem email, seperti email tidak bisa masuk atau terkoneksi ke Android. Serta tidak bisa mengirimkan email melalui device yang sama. Masalah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari ponsel hingga dari server email yang Anda miliki.


Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Pada dasarnya, penyebab email tidak bisa masuk di Android, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dengan begitu, cara untuk mengatasi masalah pada Android semacam ini, bisa dilakukan dengan beberapa cara pula. Lalu, apa saja penyebab email tidak bisa masuk ke Android? 

Koneksi tidak Stabil
Koneksi internet yang tidak stabil membuat email tidak hanya lambat masuk, namun juga bisa tidak masuk sama sekali. Meskipun email tidak memakan data yang besar, namun kenyataannya internet yang tidak stabil, serta adanya gangguan pada jaringan, membuat adanya gangguan untuk menerima email.

 
 

Yang paling sering terjadi adalah jaringan turun ke jenis jaringan di bawahnya. Sebagai contoh adalah jaringan asli pada ponsel adalah 4G, namun karena berada di suatu tempat maka internet hanya bekerja dalam jangkauan 2G saja. Penurunan tingkat jaringan ini akan mempengaruhi masuknya email ke dalam smartphone.

Selain koneksi yang tidak stabil, ada tidaknya kuota data juga menjadi kunci utama permasalahan ini. Provider pusat dari koneksi internet yang dipakai, juga dapat berpengaruh dalam semua koneksi, termasuk untuk mengoneksikan email.

Bermasalah di Ponsel
Tidak hanya koneksi, ponsel juga bisa menjadi penyebab email tidak bisa masuk ke Android. Yang sering terjadi adalah bahwa ponsel tidak mendukung versi aplikasi email atau belum terupdatenya aplikasi email terbaru. Aplikasi email yang tidak diperbarui, juga bisa mengakibatkan email datang terlambat dan bahkan tidak masuk.

Email Bermasalah
Tidak hanya soal koneksi internet dan ponsel, terkadang masalah ditimbulkan dari email tersebut. Email yang rusak atau meminta autentifikasi, biasanya tidak akan memasukkan email masuk kepada penerima. Sebagai solusi, perlu untuk memperbaiki email hingga bisa dipasang di ponsel Anda.

Selain itu, biasanya email jenis tertentu kehilangan data server ketika akan dipakai. Jika ini terjadi, biasanya email akan otomatis log out. Sebagai solusi, Anda perlu mengotak-atik data email, dan ikuti saja aturan yang telah dibuat mengenai email.  *** (SS)

SHARE