Banyak Cara Pindahkan Foto di Ponsel ke komputer - Male Indonesia
Banyak Cara Pindahkan Foto di Ponsel ke komputer
Sopan Sopian | Digital Life

Saat bepergian kemana pun, tentunya sering mengambil foto maupun video dengan ponsel untuk mengabadikan atau sebagai penanda bahwa Anda pernah ke tempat tersebut.


Gambar oleh ptra dari Pixabay

Akan tetapi, ketika hal itu terus dilakukan tentu akan membuat memori ponsel penuh. Apalagi bagi Anda yang tidak memiliki memori eksternal. Tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan backup dengan memindahkan foto dari ponsel ke laptop atau komputer untuk melegakan memori internal ponsel Anda. Seperti apa caranya?

Flashdisk atau Hardisk Eksternal
Bagiaman jika Anda sedang tidak memegang laptop dan tidak ada koneksi internet? Anda dapat melakukan backup foto ke penyimpanan eksternal. Manfaatkanlah flashdisk atau hardisk eksternal untuk melakukannya.

Namun, pastikan ponsel yang Anda gunakan sudah mendukung fitur USB On-The-Go (USB OTG). Tinggal colokkan ke ponsel dan pindahkan foto terlebih dulu ke penyimpanan eksternal. Selanjutnya segera pindahkan ke komputer atau laptop.

Gunakan MicroSD
Bagi Anda yang bekerja secara profesional dan menggunakan ponsel untuk urusan fotografi, menambah microSD menjadi pilihan yang tepat. Dengan kapasitas lebih besar dan lega, Anda dapa mengambil foto sebanyak mungkin. 

Untuk kartu MicroSD, Anda tetap dapat menggunakan kabel USB dalam memindahkan data. Selain itu Anda juga dapat melepasnya dari ponsel, dan menggunakan card reader untuk mendapatkan kecepatan transfer file yang lebih cepat.

Menggunakan Kabel USB
Menggunakan kabel USB menjadi cara paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk memindahkan foto dari ponsel ke komputer atau laptop. Anda tinggal mencolokkan kabel USB dari ponsel kemudian disambungkan ke komputer atau laptop. Sebaiknya, gunakan kabel bawaan atau kabel original saat mencolokkan kabel. Kemudian akan muncul beberapa opsi di ponsel  Anda saat menyambungkan perangkat lain.

Melalui eMail
Jika Anda tengah berada di luar ruangan dan kesulitan untuk memindahkan foto, Anda dapat gunakan opsi ini. Pastikan Anda memiliki akses internet. Anda harus memiliki dua alamat email berbeda yang terhubung dengan ponsel dan komputer atau laptop. Caranya tinggal melakukan Compose untuk membuat email baru dan pilih opsi Attach File untuk melampirkan foto pada email, lalu tekan Send.

Google Drive, Dopbox, atau Microsoft One Drive
Layanan cloud atau komputasi awan menjadi sangat digemari. Hanya berbekal internet, Anda dapat dengan mudah melakukan backup data. Sama halnya dengan memindahkan foto, Anda dapat menggunakan beberapa layanan cloud.

Google Drive, Dropbox, atau Microsoft One Drive bisa diandalkan dalam memindahkan foto dari ponsel ke komputer atau laptop. Selama terhubung ke internet, Anda dapat dengan mudah membuat folder baru dan tambahkan file foto serta mengaksesnya di perangkat komputer atau laptop. *** (SS)

SHARE